Jarum Piringan Hitam Tentukan Kualitas Suara

Jarum Piringan Hitam Tentukan Kualitas Suara

Suara dan kualitas ditentukan juga oleh jarum pada player piringan hitam. (Foto : ADE)

Bandung – Menjadi kolektor piringan hitam ternyata harus mengeluarkan duit yang agak lumayan besar, soalnya untuk menentukan kualitas suara dari sebuah piringan hitam, player sangat menentukan. Untuk menginginkan sebuah player piringan hitam dengan speaker terpisah sedikitnya seorang kolektor harus menyediakan dana Rp. 7 juta, sedangkan untuk yang player portable Rp. 3 juta harus punya.

 

Menurut seorang kolektor vinyl atau piringan hitam yang juga pemilik Toko Musik Antik, Nunu, untuk mendapatkan kualitas suara yang baik saat mendengarkan sebuah vinyl diperlukan alat atau player yang mendukung.

 

“Player yang di pakai harus berkualitas, itu bisa ditentukan mulai dari sebuah jarum karena bisa menentukan kualitas suara, semakin jarumnya bagus makin bagus juga suara yang dihasilkan ke speaker. Harga jarum bervariasi dari paling murah Rp. 100 ribu hingga Rp. 7 juta yang paling mahal, semua tergantung keinginan kolektor,” papar Nunu di acara  Viny War di Café Eduplex, Jl. Cisangkuy No. 6, Kota Bandung belum lama ini.

 

Nunu melanjutkan, untuk jarum yang harganya murah, kualitasnya pun terbilang kurang baik, bahkan saat digunakan umurnya pun umumnya tidak tahan lama.

 

“Untuk jarum yang murah memang cenderung mudah rusak atau tumpul, sebaiknya agar kualitas bagus dan lebih awet mending pakai jarum yang harganya lumayan. Harga itu variatif dari ratusan ribu hingga jutaan,” lanjutnya.

 

Di Kota Bandung ada beberapa tempat yang bisa dijadikan referensi untuk mencari jarum piringan hitam atau seputar vinyl seperti di ; Cikapundung, Cihapit, Baltos, dan Dipatikur. Semakin mahal jarum pemutar piringan hitam, maka semakin jernih dan asli suara yang dikeluarkan.(Ode)**

.

Categories:Hiburan,