Yaman Terus Bergejolak, 4.159 WNI Masih Terjebak

Yaman Terus Bergejolak, 4.159 WNI Masih Terjebak

Yaman Kembali Dilanda Pertempuran.(Foto:Net)

Jakarta -  Hingga saat ini pemerintah sudah membawa pulang sebanyak 148 warga negara Indonesia (WNI) dari Yaman. Namun, masih ada ribuan WNI terjebak di negara yang tengah bergejolak tersebut..

"Yang sudah dievakuasi kembali ke Tanah air sebanyak 148. Masih ada sedikitnya 4.159 orang di sana. Ya, sejauh ini mereka belum keluar dari sana (Yaman)," kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdijatno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Senin (30/3).

Menurut Tedjo, pemerintah melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Yaman, Kementerian Luar Negeri dan TNI Angkatan Udara tengah berupaya untuk membawa pulang sebanyak 4.159 WNI tersebut. Namun, kendalanya ada WNI yang nyaman tetap berada di Yaman.

"Ada beberapa juga yang masih nyaman melindungi mereka. Yang penting keluar dulu dari Yaman ke negara sebelah. Dari sana baru dikembalikan ke Indonesia," katanya.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut Kedutaan Besar Republik Indonesia tengah bekerja keras menyelamatkan WNI di Yaman. Saat ini, kondisi di Yaman semakin mencekam. "Kedutaan kita sudah bekerja keras untuk itu (evakuasi WNI)," kata JK.

Beberapa WNI berhasil dikumpulkan. Namun, jumlahnya hingga sekarang ini masih belum bisa dipastikan. "Kedutaan kita tinggal memikirkan, bagaimana cara untuk menerbangkan mereka ke negara lain atau langsumng ke Indonesia," tambah Wapres. (Jr.)** 
.

Categories:Internasional,