Kabel Transmisi Listrik 742 Km Hubungkan Sumsel ke Jabar

Kabel Transmisi Listrik 742 Km Hubungkan Sumsel ke Jabar

memanjat tower listrik petugas PLN ( Foto : Net )


Jakarta - Pemerintah mencanangkan pelaksanaan proyek kabel transmisi listrik interkoneksi yang menghubungkan Sumatera Selatan hingga Jawa Barat sepanjang 742 kilometer.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman di Jakarta, Jumat (10/10/2014), mengatakan pencanangan dilakukan karena proyek tersebut sudah masuk dalam daftar yang disetujui pendanaannya melalui pinjaman luar negeri (blue book).

"Proyek ini akan didanai JICA (Japan International Cooperation Agency)," katanya.

Menurut dia, dengan pencanangan tersebut, maka PT PLN (Persero) bisa segera memulai pelaksanaan tender proyek itu.

Pencanangan transmisi interkoneksi Sumatera-Jawa itu, dilakukan Menko Perekonomian Chairul Tanjung bersamaan proyek lainnya di Sumut.

Proyek transmisi akan memakai teknologi arus searah bertegangan tinggi (high voltage direct current/HVDC) yang menjadi pertama kalinya digunakan di Indonesia.

Transmisi HVDC itu menyalurkan daya 3.000 MW dari PLTU Mulut Tambang Sumsel 8, 9, dan 10 ke sistem interkoneksi Sumatera dan Jawa-Bali.

Panjang keseluruhan transmisi 742 kilometer yang meliputi transmisi arus searah (direct current/DC) sepanjang 464 kilometer dan transmisi arus bolak-balik (alernating current/AC) 278 kilometer.

Pembangunan melewati empat provinsi, yaitu Sumatera Selatan, Lampung, Banten, dan Jawa Barat dengan keperluan lahan 300 hektare.

Proyek transmisi HVDC terbagi menjadi empat paket pekerjaan, yakni stasiun pengalih (converter station) 500 kV AC/DC dan stasiun elektroda (electrode station) di sisi Sumatera dan Jawa termasuk gardu induk AC 500 kV, 275 kV, dan 150 kV.

Kedua, kabel bawah laut HVDC sepanjang 40 kilometer di Selat Sunda berikut "landing point" di sisi Sumatera dan Jawa.

Ketiga, transmisi HVDC sepanjang 464 kilometer di sisi Sumatera dan Jawa, dan terakhir transmisi 500 kV AC sepanjang 278 kilometer di sisi Sumatera dan Jawa.

Selain HVDC, Chairul juga mencanangkan proyek transmisi 500 kV di Sumatera dan jalan tol transsumatera.

Ketiga proyek baru pencanangan dan belum sampai peletakan batu pertama (ground breaking). (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,