Bandung Rangkul Jepang Realisasikan Smart City

Bandung Rangkul Jepang Realisasikan Smart City

Walikota Bandung, Ridwan Kamil.(Foto:Net)

Bandung - Konsep untuk menjadikan bandung sebagai smart city ternyata diminati oleh beberapa negara. Walikota Bandung Ridwan Kamil menyatakan, lebih dari 12 negara ingin bekerja sama dengan Bandung, dan untuk itu prosedurnya harus persetujuan DPRD. Demikian disampaikan Walikota di Gedung DPRD Kota Bandung di Jalan Sukabumi, Senin (30/3/2015).
 
“Alhamdulillah sudah ditandatangani surat persetujuannya. Nanti direview oleh kementerian luar negeri. Dengan demikian program smart city yang menjadi unggulan Kota Bandung dengan Jepang bisa langsung mewujud ke dalam aksi yang lebih riil dengan payung hukum yang jelas” ujar Emil sapaan akrab Ridwan saat ditemui setelah rapat paripurna selsesai.
 
Program jangka pendek yang akan dilakukan dalam rangka smart city dengan Jepang itu, yakni di bidang transportasi publik, persampahan, dan bidang pendidikan. Untuk smart city sendiri akan hadir ke seluruh  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Untuk merealisasikan program itu selama 30 hari setelah laporan ini disampaikan, pihak DPRD akan menyampaikan pandangannya. 
 
Ridwan Kamil menyebutkan, alasan Bandung bekerja sama dengan Kota Hanamatsu Jepang, karena itu kota yang dari dulu sudah paling intensif, dan kebetulan alumni Jepang di Bandung ini banyak lulusan dari kota itu. Selain itu Bandung melakukan kerja sama dengan Jepang dalam bentuk kebudayaan.
 
"Tentunya harus mutual understanding ya. Kita kepada Jepang lebih pada sisi yang paling soft, yaitu kebudayaan. Karena kebudayaan ini yang mereka tertarik. Kedua, dari sisi SDM kita akan banyak mendapatkan beasiswa dari Jepang. Ketiga, tentunya transpor teknolog dari Jepang. Kalau dari kita ke Jepang lebih pada sisi kebudayaan,” ujarnya
 
Sementara untuk rencana jangka panjang, Bandung tidak akan membatasi. Jadi bukan satu kota satu negara, di mana ada peluang kerja sama yang riil, Bandung akan melakukannya guna memantapkan program smart city ini. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,