Monorail Bandung Diperebutkan Investor Asing

Monorail Bandung Diperebutkan Investor Asing

sketsa monorail (Foto : Net )

Bandung - Moda transportasi massal modern yang disiapkan Kota Bandung yaitu monorail, ternyata tender proyeknya banyak diperebutkan oleh investor asing. Misalnya Singapura, Tiongkok, Jepang dan negara-negara di Eropa lainnya.


"Memang kebanyakan investor dari luar. Nanti setelah pelaksanaan lelang ada proposal investasi, proposal teknis, mana yang paling cepat dan paling murah yang akan kita pilih," ungkap Walikota Bandung Ridwan Kamil, Jumat (10/10/2014).

Lelang proyek yang diikuti oleh enam hingga tujuh negara tersebut akan diumumkan pada Desember tahun ini. "Dari enam hingga tujuh negara, pemenangnya Desembernanti akan  diumumkan, dengan menelan investasi sekitar Rp 6 triliun," katanya.

Nantinya transportasi massal tersebut akan beroperasi pada dua koridor. Koridor pertama melayani jalur utara - selatan dan Koridor kedua melayani jalur barat - timur.

"Mudah-mudahan dengan adanya monorail bisa mengurangi kemacetan. Sekarang ini 80 persen orang Bandung naik kendaraan pribadi. Dengan adanya kombinasi sepeda, bis gratis, dan monorail maka masyarakat akan bergeser. Proyek ini ditargetkan dalam dua tahun selesai," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,