Sidang Kasus Yance KIan Jelas Hadirnya Saksi

Sidang Kasus Yance KIan Jelas Hadirnya Saksi

Bandung - Tiga saksi dalam sidang perkara dugaan Tipikor PLTU Sumuradem Kabupaten Indramayu, dengan terdakwa mantan Bupati Indramayu Irianto MS Syafiuddin alias Yance, cukup mendukung terutama ketika diperlihatkan barang bukti kepada saksi Almond Kurniawan dan Agung Rijoto.

Hal tersebut diungkapkan Surmma selaku Jaksa Penuntut Umum kepada wartawan di ruang sidang Tipikor  Pengadilan Negeri, Jalan LRE Martadinata Kota Bandung Senin (30/3/2015) sore.

"Saksi dalam perkara persidangan kali ini cukup mendukung, terutama ketika dua saksi yaitu Agung Rijoto dan Almond Kurniawan dimintai kerterangan soal barang bukti yang kami beberkan tadi," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, kedua saksi mengakui pemegang Hak Guna Usaha (HGU) awal 23 hektare tanah tersebut dijual kepada pihak PLN melalui Agung Rijoto.

"Dalam persidangan tadi saksi Almond melepas lahan yang bukan miliknya kepada Agung Rijoto, tanah tersebut kan milik pemerintah seharusnya yang dijual itu HGU (Hak Guna Usaha) bukan tanahnya," bebernya.

Selain itu dirinya menandaskan, kasus tersebut semakin jelas dan tidak mengerucut ditambah lagi untuk gelaran sidang pada Senin (6/4/2015) mendatang, rencananya akan dihadirkan saksi ahli dari Dinas Pertanahan dan Keuangan.

Berbeda dengan Yan Iskandar selaku kuasa hukum Yance yang menyatakan, bahwa semua yang dituduhkan JPU tidak terbukti.

"Jelas di sini semua yang dituduhkan Jaksa Penuntut Umum tidak terbukti mulai dari unsur merugikan negara tidak terbukti, melakukan secara bersama - sama oun tidak terbukti, sesuai pengakuan Agung Rijoto tadi tidak pernah bertemu ataupun mengenal pak Yance," paparnya.

Menurut informasi yang dihimpun CikalNews.com, pada tanggal 13 April 2015 mendatang Wakil Presiden Jusuf Kalla akan hadir sebagai saksi dalam persidangan, pihak kuasa hukum Yance tentunya berharap hal tersebut bisa meringankan kasus yang menimpa mantan orang nomor satu di Kabupaten Indramayu tersebut.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,