Pemkot Cimahi dan Baznas Kerjasama Kelola Zakat PNS

Pemkot Cimahi dan Baznas Kerjasama Kelola Zakat PNS

Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Cimahi dalam pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah bagi pegawai negeri sipil (PNS) di kota itu, Senin (30/3/2015).


Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengatakan siap mengoptimalkan potensi zakat di kalangan PNS untuk penanganan sosial, kemiskinan, sekaligus untuk memajukan kegiatan perekonomian masyarakat Cimahi.

"Perjanjian kerjasama ini tentunya juga merupakan tindak lanjut dari pencanangan gebyar Cimahi Kota Sadar Zakat yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 muharram 1436 H lalu," kata Atty.

Ia mengatakan, kerjasama tersebut merupakan langkah tepat untuk optimalisasi potensi zakat di kalangan PNS yang selama ini belum tergali secara maksimal.

Selain upaya pemerintah, kata dia, Baznas juga dituntut meningkatkan sosialisasi kesadaran berzakat kepada masyarakat.

"Sosialisasikan keberadaan Baznas kepada masyarakat luas dan sekaligus meningkatkan kesadaran umat Islam dalam menunaikan zakat, sebagaimana kesadaran dalam membayar pajak," katanya.

Ia menuturkan, Baznas merupakan lembaga resmi yang dibentuk di tingkat nasional maupun di daerah untuk mengelola dana umat yang bersumber dari zakat, infaq dan sedekah.

Baznas, lanjut dia, dituntut profesional dalam pengelolaannya dan harus peduli terhadap permasalahan yang terjadi, seperti kesenjangan sosial dan kemiskinan.

"Saya memiliki keyakinan bahwa pengelolaan zakat akan berjalan dengan baik apabila dikelola oleh lembaga yang kuat dan diusung dengan sumber daya manusia yang kompeten serta amanah," katanya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,