Pengamanan KAA Libatkan 9.000 Personel Gabungan

Pengamanan KAA Libatkan 9.000 Personel Gabungan

Bandung - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Mochamad Iriawan menyatakan pengamanan Peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) akan melibatkan lebih dari 9.000 personel gabungan.


"Pengamanan delegasi yang hadir pada Peringatan KAA ke-60 dilakukan super intensif, lebih dari 9.000 personel gabungan akan dikerahkan," kata Iriawan pada silaturahim dengan pimpinan media dan wartawan di Bandung, Senin (30/3/2015).

Ia menyebutkan, pengamanan akan melibatkan TNI dan Polri serta potensi lainnya seperti Dinas Perhubungan dan Satpol PP sesuai dengan tugas dan perannya masing- masing.

Meski pelaksanaan konferensinya akan digelar di Jakarta, namun Kota Bandung akan menjadi tempat "napak tilas" Konferensi Asia Afrika yang akan digelar pada Jumat (24/4).

"Persiapan pengamanan sudah dilakukan, termasuk strategi dan koordinasi di lapangan. Semuanya akan dikerahkan untuk pengamanan super prioritas itu," katanya.

Menurut Kapolda, ratusan pemimpin dan perwakilan negara peserta KAA dan belasan negara peninjau, termasuk dari Amerika Serikat akan hadir di Bandung pada acara napak tilas itu.

"KAA merupakan momen luar biasa bagi bangsa Indonesia dan selalu diperingati secara besar-besaran dalam 10 tahun sekali," kata Kapolda.

Lebih lanjut, selain pengamanan bagi anggota kontingen, Polda Jabar dan Polrestabes Bandung juga sudah menyiapkan rekayasa jalur yang akan dilewati oleh para peserta KAA.

"Dirlantas saat ini rapat di Jakarta, salah satunya untuk persiapan KAA. Seluruh perangkat pengamanan yang ada di Polri dan TNI akan dikerahkan untuk memastikan momen itu berjalan lancar dan aman," katanya.

Lebih lanjut Kapolda menyebutkan, salah satu pemimpin negara KAA yang akan hadir recananya adalan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Terkait kehadiran sejumlah petugas keamanan dari delegasi KAA, menurut Kapolda tidak ada masalah. Pihaknya menjamin keamanan pelaksanaan peringatan ke-60 HUT KAA di Bandung dalam kondisi maksimal.

"Saya pastikan status keamanan di Jabar saat ini kondusif, aman terkendali. Kami akan berikan pengamanan maksimal bagi para delegasi," kata Kapolda Jabar menambahkan. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:kaa,