Digerebek, Pabrik Nata de Coco Berbahan Pupuk Urea

Digerebek, Pabrik Nata de Coco Berbahan Pupuk Urea

Ilustrasi.(Foto:Net)

Sleman - Pabrik pembuatan penganan sari kelapa atau dikenal nata de coco yang dioplos dengan pupuk ZA atau pupuk urea di Kota Sleman, digerebek polisi. Pabrik ini berlokasi di bekas gedung SDN Semarang 3, Sidomulyo, Godean.

Menurut Kapolres Sleman AKBP Faried Zulkarnaen, pihaknya mendapat laporan dari warga jika di tempat itu ada pabrik yang membuat bahan makanan dari pupuk ZA. "Mendapat laporan warga, kami mendatangi lokasi dan menemukan tumpukan pupuk ZA (urea untuk pertanian) dan loyang, yang telah diisi cairan sari kelapa yang siap kirim," kata Faried yang datang langsung ke pabrik tersebut.

Dijelaskan, pihaknya telah mengambil sampel dan pupuk ZA untuk dibawa ke balai BPOM dan diteliti mengenai kandungannya. "Kami amankan pemiliknya, DAP dan barang bukti lainnya. Sedangkan pabrik kami segel dan untuk sementara tidak boleh beraktivitas sampai ada hasil dari laboratorium," katanya.

Bahan sari kelapa, lanjut Faried dibuat oleh DAP yang mencampurnya dengan pupuk untuk pertanian. Selanjutnya bahan itu dicetak, lalu dipotong-potong dan dimasukkan dalam kemasan plastik, kemudian dikirim ke Bogor dan Bekasi.

"Nah, di Bogor dan Bekasi inilah bahan sari kelapa dibeli oleh sejumlah supermarket besar. Dan ini yang akan kami kembangkan lagi," tegasnya.

Disebutkan, DAP memang baru menjadi pemilik pabrik tersebut. "Pabrik sudah beroperasi lima tahun, dan dia belum lama mengambil-alih pabrik itu."  Sementara itu, Polres Sleman melakukan penyegelan dengan memasang police line dan papan seng di pintu masuk gedung. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,