Sinergikan Pembangunan Venue PON dengan Asian Games

Sinergikan Pembangunan Venue PON dengan Asian Games

Sinergikan Pembangunan Venue PON dengan Asian Games

Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat Yudha Munajat Saputra, mengikuti  rapat Koordinasi persiapan Asian Games 2018 di Kemenko Kesra.

Usai Rakor Sabtu  (11/10/2014), Deddy mengatakan, keinginannya  untuk  persiapan atlet atau venue untuk Asian Games dan PON 2016 nanti bisa disenergikan, sehingga pelaksanaan PON bisa matang. Deddy menekankan, pada tahun 2018 terutama venue tinggal dilakukan perbaikan atau pemeliharaan saja. Karenanya ia menginginkan secepatnya ada keputusan penetapan cabor yang akan diselenggarakan di Jawa Barat. 


“Yang penting  mengenai pembinaan atlet bisa dikaitkan dengan PON XIX di Jabar. Terus mengenai venue bisa sinergis untuk PON dengan Asian games ini dengan standar Asian games. Jadi enggak dua kali. Karena itulah segera dengan penetapan  cabor mana saja yang ada di Jawa Barat. Venue apa saja yang dipakai, kemudian kalau bisa ya bantuan keuangan dari  APBN tadi Kemenpora mengenai venue juga bisa segera diturunkan. Jadi PON akan bisa lebih sempurna. Karena terbantu oleh APBN. Sehingga di 2018 kita tinggalmaintenance,” ujarnya kepada wartawan.

Di tempat yang sama,  Menko Kesra RI Agung Laksono dalam sambutannya menginginkan penyelenggaraan Asian Games nanti bisa lebih sukses dibandingkan penyelenggaran saat Indonesia menjadi tuan rumah tahun 1962. Selain itu Agung menghendaki adanya unsur seni budaya nasional yang dimunculkan saat penyelenggaraan Asian Games.

“Tentu berharap dengan kemampuan sumber daya manusia kita yang sudah lebih hebat dibandingkan tahun 62, maka penyelenggaraan harus lebih baik. Kalau lebih jelek kita harus lebih malu pada senior-senior kita. Hasilnya lebih, semuanya macem-macem. Juga mampu menonjolkan budaya Indonesia pada setiap kesempatan yang memungkinkan,” ungkap Agung.

Dalam rakor tersebut diputuskan beberapa hal di antaranya, kesiapan semua stake holder  untuk mendukung pelaksanaan Asian Games. Kemudian akan diusulkan pembuatan kepres sebagai payung hukum penyelenggaraan Asian Games. Diputuskan untuk sementara waktu penyelenggaraan Asian Games adalah Agustus 2018. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,