Pasien BPJS Ditolak karena Tanggal Merah

Pasien BPJS Ditolak karena Tanggal Merah

Bandung - Pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengeluhkan aturan tentang pelayanan kesehatan yang tidak dapat dilakukan hari Minggu maupun tanggal merah di Klinik Cisanca, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Saya heran, kenapa hari Minggu pasien BPJS tidak bisa dilayani, melainkan harus bayar seperti pasien umum," kata Ningrum ibu dari pasien yang mengeluhkan ditolaknya pelayanan BPJS itu di Garut, Rabu (1/4/2015).

Ia menuturkan, kejadiannya itu ketika hendak memeriksakan kesehatan anaknya ke tempat layanan kesehatan awal yang tercantum dalam kartu BPJS di Klinik Cisanca, Minggu, 29 Maret 2015.

Namun, lanjut Ningrum, petugas Klinik tersebut meminta untuk membayar seperti pasien umumnya, dengan alasan sesuai aturan khusus Minggu dan tanggal merah Klinik Cisanca tidak dapat melayani pasien BPJS.

"Kata petugasnya sesuai aturan pasien BPJS kalau hari Minggu tidak bisa digunakan, dan harus bayar, kecuali besoknya, bisa pakai BPJS," kata ibu anak satu warga Kampung Lengkong, Desa/Kecamatan Samarang, Garut itu.

Adanya aturan itu, Ningrum terpaksa harus membayar biaya pelayanan kesehatan berikut dengan penyediaan obatnya.

Ningrum menyesalkan aturan tersebut yang terkesan membatasi waktu untuk mendapatkan layanan kesehatan, sedangkan sakit tidak dapat ditentukan waktunya.

"Saya daftar BPJS itu karena ingin mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan kapan saja, kalau seperti ini artinya tidak boleh sakit hari Minggu," katanya.

Ia berharap, aturan itu dapat segera diubah agar tidak membuat bingung masyarakat, terutama peserta BPJS yang ingin mendapatkan layanan kesehatan di Klinik.

"Saya masuk BPJS juga diwajibkan bayar setiap bulan, jadi sudah hak keluarga saya untuk mendapatkan layanan kesehatan," katanya.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Garut Asep De Maman menyatakan akan menanyakan langsung ke BPJS untuk menjelaskan masalah pasien yang tidak dapat dilayani hari Minggu maupun hari libur lainnya.

Menurut dia, sesuai aturan pelayanan kesehatan harus dilakukan 24 jam kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk pasien BPJS.

"Ya masalah ini jadi pertanyaan, kenapa hari Minggu tidak bisa dilayani, makanya nanti saya akan tanyakan langsung ke BPJS masalah aturannya seperti apa," kata politisi PPP itu. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,