Penghitungan Harga BBM Pertamina Mengherankan

Penghitungan Harga BBM Pertamina Mengherankan

Jakarta - Cukup mengherankan dengan perhitungan keekonomian harga bahan bakar minyak (BBM) BBM yang dibuat oleh PT Pertamina. Pasalnya, harga BBM Ron 97 yang dijual di negara lain bisa menyamai dengan harga Rp 7.971 per liter, dan sudah termasuk pajak enam persen.

Ironisnya, Pertamina mematok harga Ron 97 sejak 1 April sebesar Rp 7.971 sudah termasuk pajak enam persen, lebih murah dari harga BBM premium sekarang ini.

Selain itu, BBM Ron yang dijual di Malaysia ternyata juga lebih murah dan jauh harganya. "Ron 95 di Malaysia lebih murah lagi, yakni hanya Rp 6.308 per liter. Jadi Ron 95 di Malaysia lebih murah dari harga premium di Indonesia. Artinya, harga keekonomian versi Pertamina bukan keekonomian, tetapi harga ketidakefisienan," kata  Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM), Faisal Basri, saat konferensi pers di Kantor Tim Reformasi Migas Jakarta, Rabu (1/4/2015).
 
Menurut Faisal, BUMN Migas dapat menunjukkan harga BBM beserta komponen harga penentu BBM, seperti yang dilakukan Thailand. Sehingga, masalah ketidakefisienan bisa dapat dipecahkan bersama. "Kita tidak dalam posisi melemahkan Pertamina. Kita justru ingin Pertamina kuat, tapi dengan cara yang benar," katanya.
 
Oleh karena itu, PT Pertamina (Persero) diminta bisa mencontoh Thailand, terkait dengan transparansi harga BBM. Hal itu perlu dilakukan agar masyarakat mudah mengetahui harga terbaru BBM. Bahkan, Faisal Basri menyebut kemudahan mencari tahu harga BBM di Thailand semudah mencari di Google. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,