Garuda Buka Rute Mamuju-Makassar-Balikpapan

Garuda Buka Rute Mamuju-Makassar-Balikpapan

Mamuju, Sulawesi Barat - Maskapai Garuda Indonesia akan membuka rute penerbangan dari Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat-Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan-Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Tahun ini adalah tahun menggembirakan karena Garuda menyatakan akan membuka secara resmi rute penerbangan dari Mamuju-Makassar-Balikpapan untuk memberikan pelayanan pada masyarakat provinsi ini," kata Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Saleh, di Mamuju belum lama ini.

Ia mengatakan, pesawat Garuda yang akan menerbangi Mamuju menuju Balikpapan berkapasitas 100 orang penumpang yakni pesawat Garuda CRJ Bombardier.

Menurut dia, kalau pesawat Garuda CRJ Bombardier terisi maksimal, maka pada tahun depan pesawat ditingkatkan dengan Boeing 738 dengan kapasitas 140 orang penumpang.

Gubernur berpendapat Garuda tidak akan rugi membuka rute Mamuju-Balikpapan karena masyarakat asli Sulawesi Barat banyak mendiami sejumlah wilayah Kalimantan Timur.

Ia mengatakan sejak dahulu, cukup banyak masyarakat Sulbar yang merantau ke sejumlah daerah di Kalimantan Timur.

Dia memprediksi lebih dari 20 persen warga di Kalimantan Timur berasal dari Sulawesi Barat, sehingga potensi penumpang untuk rute itu cukup tinggi dan tidak akan merugikan maskapai tersebut. 

Selama ini, warga asal Sulbar di Kalimantan Timur yang hendak ke Mamuju harus terbang ke Makassar lebih dahulu untuk kemudian menumpang bis dari Makassar ke Mamuju yang berjarak lebih dari 450 kilometer dengan waktu tempuh 10 jam.

"Selain sangat melelahkan, juga biayanya mahal karena harga tiket pesawat Balikpapan-Makassar dibandingkan jika rute penerbangan dibuka, sehingga masyarakat akan mendukung dengan dibukanya rute penerbangan ini," katanya.(Ode)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,