Panasonic akan Bangun Pembangkit Listrik di Pangalengan

Panasonic akan Bangun Pembangkit Listrik di Pangalengan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Panasonic Gobel akan membangun pembangkit tenaga listrik berkapasitas 17,2 kWh di Sekolah Dasar Negeri 04 Banjarsari, Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

"Panel solar ini akan dibangun pada Juni tahun ini, sebelumnya kami telah membangun panel solar di Karimun Jawa, Jepara, pada Agustus tahun lalu," kata Senior General Manager PT Panasonic Eco Solution Widyasmara Nugraha pada saat peresmian Panasonic Business Showroom di Jakarta, Kamis (2/4/2015).

Ia mengatakan program tersebut merupakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

"Sekolah yang akan dibangun solar panel tersebut karena belum teraliri listrik hampir dua puluh tahun. Padahal jarak satu kilometer dari sekolah tersebut sudah ada listrik," kata dia.

Pilihan pihaknya memasang solar panel ini di sekolah, karena peralatan tersebut hanya mampu mengaliri listrik untuk bangunan kecil saja seperti sekolah, kantor lurah dan puskesmas.

"Kami pilih sekolah karena kami rasa, sekolah paling vital," ucapnya.

Setelah pemasangan, pengelolaan solar panel ini akan diserahkan kepada masyarakat yang sudah diberi pelatihan oleh pihaknya.

Contoh pengelolaan yang sudah berjalan saat ini adalah solar panel yang dipasang di Karimun Jawa.

"Paguyuban Masyarakat di Karimun Jawa bahkan sudah bisa memanfaatkan solar panel untuk pemberdayaan ekonomi. Pada siang hari mereka gunakan untuk sekolah, malamnya mereka sewakan ke pedagang yang berjualan di alun-alun," ucapnya.

Uang hasil penyewaan ini, kata Widyasmara digunakan lagi oleh masyarakat untuk memelihara solar panel. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,