Pertemuan Bilateral Mesir dan Afsel Perkuat Kerjasama

Pertemuan Bilateral Mesir dan Afsel Perkuat Kerjasama

South Africa's President Jacob Zuma holds bilateral talks with Egyptian President Abdel Fattah El-Sisi

Kairo - Pertemuan puncak Presiden Abdel Fatah Al Sisi dan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma di Kairo untuk memperkuat kerja sama kedua negara.

"Afrika Selatan merupakan mitra strategis Mesir.Oleh karena itu pertemuan kedua kepala negara lebih memperkuat lagi kerja sama bilateral," kata Juru Bicara Presiden Mesir, Dubes Alaa Yousef di Kairo, Jumat (3/4/2015).

Ini merupakan kunjungan pertama Presiden Zuma ke Mesir Presiden Sisi dilantik sebagai orang nomor satu di negeri berpenduduk 85 juta itu pada pertengahan tahun silam.

Zuma yang tiba di Kairo pada Kamis (2/4/2015) itu didampingi beberapa menteri antara lain Menteri Luar Negeri dan sejumlah pengusaha.

Dalam pertemuan itu, selain membicarakan hubungan kedua negara, juga mendiskusikan perkembangan terkini masalah regional Timur Tengah dan Afrika, serta masalah internasional.

"Kedua pemimpin juga sepakat untuk bahu-membahu dalam kerja sama memberantas terorisme dan gerakan radikal," katanya.

Menurut Alaa Yousef, Presiden Al Sisi dan Presiden Zuma memiliki visi yang sama dalam membendung apa yang disebut lajunya kelompok radikal yang mengatasnamakan agama untuk kepentingan politik mereka.

Dalam kesempatan itu, Presiden Zuma juga menyampaikan undangan kepada Presiden Al Sisi untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Uni Afrika di Afrika Selatan pada Juni mendatang.

Usai bertemu dengan timpalannya pada Kamis, Zuma pun meninggalkan Kairo setelah dua hari kunjungan ke Negeri Piramida itu. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,