Jadikan PON IX Pemberdayaan Ekonomi Warga Jabar

Jadikan PON IX Pemberdayaan Ekonomi Warga Jabar

Jadikan PON IX Pemberdayaan Ekonomi Warga Jabar

Bandung - Pemberdayaan ekonomi rakyat pada ajang PON XIX/2016 harus dirintis sejak awal, sehingga bisa memberikan dampak signifikan bagi perekonomian warga Jabar, kata Ketua Fraksi Golkar Amanah DPRD Jabar Yod Mintaraga di Bandung, Sabtu (11/10/2014).

"Pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam PON XIX/2016 harus difasilitasis sejak sekarang, jangan sampai hanya dinikmati oleh sebagian kecil saja. PON punya potensi untuk pemberdayaan ekonomi rakyat," kata Yod Mintaraga.

Menurut dia, sukses penyelenggaraan PON tidak hanya sukses pertandingan dan prestasi, namun juga perlu sukses pemberdayaan ekonomi rakyat. Memberikan keuntungan bagi masyarakat sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON.

"Perlu ada kekhasan dari PON XIX/2016 di Jabar, terutama menggelorakan pemberdayaan ekonomi rakyat. Tak sebatas perdagangan dan jasa, tapi sektor lainnya yang bisa diakses oleh masyarakat Jabar," katanya.

Ia menyebutkan, pelaksanaan pertandingan olahraga empat tahunan itu harus menjadi pesta warga Jabar sehingga gairah dan gebyarnya lebih besar dan memberikan hiburan bagi masyarakat.

Di sisi lain, untuk menggerakan masyarakat dalam mendukung PON sangat perlu sehingga ada respon dari masyarakat terhadap kegiatan itu.

"Terlebih pelaksanaan pertandingan olahraga menyebar di 14 kabupaten/kota di Jabar. Hal itu harus dimaksimalkan," katanya.

Selain itu, politisi senior dari Partai Golkar itu mendorong agar PON XIX/2014 memunculkan nuansa dan jati diri Jawa Barat. Tak hanya dari ornamen dan dekorasi venue pertandingan namun juga dari sisi pelayanan, penerimaan dan juga tata laksana pertandingan harus lebih khas.

"PON XIX/2016 tidak hanya pertandingan olahraga, namun merupakan etalase Jabar yang harus dimaksimalkan untuk pemberdayaan di segala bidang," kata Yod Mintaraga.

Terkait langkah Pemprov Jabar menggandeng BPKP, Kejaksaan, Kepolisian dan juga koordinasi dengan KPK terkait penyelenggaraan PON XIX/2016 merupakan semangat positif yang harus didukung.

"Jelas tertib administrasi harus menjadi prioritas, sehingga sukses penyelenggaraan PON juga diikuti dengan sukses administrasi dan pertanggung jawaban anggaran negara," katanya.

Sementara itu pelaksanaan PON XIX/2016 Jabar rencananya akan digelar pada Juli 2016 dengan mempertandingan 44 cabang olahraga. Pertandingan akan digelar di 14 kabupaten/kota antara lain Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Sumedang, Subang, Karawang, Kabupaten Bogor, Sukabumi, Pangandaran, Indramayu dan Purwakarta.

"PON harus membangkitkan semangat pembinaan ke daerah," kata Yod Mintaraga menambahkan. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,