Lewandoski Bawa Bayern Unggul Atas Dortmund

Lewandoski Bawa Bayern Unggul Atas Dortmund

Lewandoski Bawa Bayern Unggul Atas Dortmund.

Berlin - Robert Lewandoski mencetak gol ke gawang bekas klubnya Borussia Dortmund pada Minggu (5/4/2015) WIB untuk mengunci kemenangan 1-0 bagi Bayern Munich, yang membuat mereka tetap berada di jalur untuk meraih gelar Liga Jerman ketiganya secara beruntun.

Tandukan Lewandowski pada babak pertama memastikan kemenangan Bayern, yang membuat mereka tetap unggul sepuluh angka di puncak klasemen dengan tujuh pertandingan tersisa.

Pada beberapa tahun terakhir pertandingan ini dijuluki "Der Klassiker" Jerman, namun kekalahan ini membuat runner up musim lalu Dortmund menduduki peringkat kesepuluh, dan tertinggal 15 angka dari zona Liga Champions setelah hasil-hasil buruk mereka di musim ini.

"Bayern bukan tim yang lebih baik, namun mereka lebih efektif dan mengambil peluang-peluang mereka," kata kapten Dortmund Mats Hummels.

"Mereka hanya memiliki sepasang peluang dan kami tidak beruntung sehingga kalah." Kemenangan mereka menggarisbawahi dominasi Bayern di Jerman dan didapat tanpa kehadiran bintang-bintangnya David Alaba, Arjen Robben dan Franck Ribery yang dibekap cedera.

"Ini merupakan pertandingan yang ketat sampai akhir," kata kapten Bayern Philipp Lahm.

"Kami bertahan dengan baik namun kami tidak tampil baik dengan minimnya penguasaan bola dibanding yang biasa kami lakukan. Ini merupakan kemenangan yang diraih dengan susah payah." Tim tamu meraih keunggulan ketika tembakan Thomas Mueller memantul mengenai kaki Roman Weidenfeller, dan Lewandoski menanduk bola pantul pada menit ke-36.

Peluang terbaik Dortmund didapat ketika tendangan bebas Marco Reus dapat digagalkan Manuel Neuer, ketika Borussia menelan kekalahan pertama mereka di liga sejak awal Februari.

Gelandang Bayern asal Spanyol Thiago Alcantara melakukan penampilan perdananya sejak Maret 2014 menyusul cedera beruntun pada lututnya, namun kapten Jerman Bastian Schweinteiger harus meninggalkan lapangan karena cedera pergelangan kaki pada menit ke-58.

Pemain Munich yang turut membawa Jerman menjuarai Piala Dunia Mario Goetze tampil untuk sepuluh menit terakhir melawan bekas klubnya, di mana ia disambut berbagai ejekan di Westfalenstadion Dortmund.

Bayer dan Gladbach raih kemenangan besar Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Borussia Moenchengladbach dan Bayer Leverkusen meraih kemenangan-kemenangan besar ketika pertarungan untuk memperebutkan peringkat ketiga menjadi semakin sengit.

Tiga tim teratas Liga Jerman otomatis lolos ke Liga Champions.

Dengan tujuh pertandingan tersisa, tim peringkat ketiga Gladbach menikmati kemenangan 4-1 di markas Hoffenheim yang membuat mereka tetap unggul dua angka atas Leverkusen, yang mencatatkan kemenangan 4-0 atas tamunya Hamburg.

Tuan rumah Hoffenheim membuka keunggulan atas Gladbach ketika penyerang Sven Schipplock memasukkan bola dengan mudah pada menit ke-17, namun Gladbach mengemas tiga gol dalam rentang waktu sepuluh menit di babak pertama.

Pertama penyerang Jerman Max Kruse membukukan gol melalui penalti, kemudian Patrick Herrmann menambahi gol kedua sebelum penyerang Brazil Raffael mencetak gol pada menit ke-36 untuk membuat kedudukan 3-1 saat turun minum.

Herrmann kemudian membukukan gol kesepuluhnya musim ini ketika ia memasukkan bola setelah lemparan cepat dari Kruse pada menit ke-51.

Tim peringkat keempat Leverkusen juga menggaris bawahi tekad mereka menembus Liga Champions dengan menghancurkan Hamburg.

Dengan tim berada di peringkat ketiga dari bawah dan berada di jalur untuk terdegradasi untuk pertama kalinya dari kompetisi tertinggi Jerman, Hamburg memecat Joe Zinnbauer sepuluh hari silam, namun penggantinya Peter Knaebel hanya dapat menyaksikan tim asuhannya dipermalukan.

Gelandang Gonzalo Castro membawa Leverkusen memimpin di BayArena dengan memasukkan bola ke gawang yang kosong, setelah pemain sayap Jerman Karim Bellarabi merusak pertahanan Hamburg ketika pertandingan baru berlangsung tujuh menit.

Tandukan penyerang Leverkusen Stefan Kiessling sebelum turun minum membuat pasukan Roger Schmidt unggul 2-0 saat turun minum, sebelum Kiessling menambahi gol ketiga mereka setelah terjadi kemelut di mulut gawang di mana pertahanan Hamburg menjadi berantakan pada menit ke-56.

Tujuh menit kemudian, Leverkusen menambahi gol keempat mereka ketika operan Kiessling sampai pada Bellarabi untuk menggulirkan bola kepada Castro, yang melesakkan bola ke sudut atas dan mengukir gol keduanya di pertandingan ini.

Leverkusen akan menjamu Bayern di perempat final Piala Jerman pada Rabu.

Tim peringkat kedua Wolfsburg tetap unggul tujuh angka atas Gladbach berkat kemenangan 3-1 atas tamunya tim juru kunci VfB Stuttgart.

Gelandang Swiss Ricardo Rodriguez mengkonversi penalti dan tendangan bebas pada masing-masing babak, sebelum mantan pemain sayap Chelsea Andre Schuerrle masuk sebagai pemain pengganti untuk mencetak gol ketiga mereka.

Freiburg mendapati diri mereka unggul tiga angka di atas zona degradasi setelah menang 1-0 atas tamunya Cologna, sedangkan Hanover turun ke posisi di atas tiga besar dengan hasil imbang 2-2 di markas Eintracht Frankfurt.

Penyerang Hanover asal Pantai Gading Didier Ya Konan menyelamatkan timnya dengan gol penyama kedudukan, gol pertamanya untuk klub Jerman utara itu sejak enam bulan ia didatangkan dari klub Arab Saudi Al Ittihad. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,