Formas Dorong Orang Sunda Muncul sebagai Capres

Formas Dorong Orang Sunda Muncul sebagai Capres

Bandung - Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda Pangumbaraan mendorong orang sunda untuk muncul dan berkontribusi bagi nasional seperti menjadi calon Presiden RI pada Pemilu 2019.

"Harus, siapa pun orangnya harus ada. Benar tadi kata Kang Tato Sutamso (Ketua Formas) bahwa "orang sunda kudu manggung tong adigung' (Orang Sunda Harus Tampil Jangan Sombong) di kancah nasional," kata Ketua Umum Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda (Formas) Pangumbaraan A Jaka Bandung, di Bandung, Minggu (5/4/2015).

Ditemui disela-sela Rapat Kerja Formas, di Jalan Mereka Kota Bandung, ia mengatakan salah satu dukungan pihaknya agar ada orang sunda pada Pemilu 2019 adalah melalui organisasi masyarakat yang dibentuk olehnya sekitar dua bulan lalu di Pulau Bali.

Ia mengatakan, salah satu modal bagi orang sunda agar bisa maju di tingkat nasional adalah dari segi jumlahnya yang menjadi etnis kedua terbesar di Indonesia.

"Orang sunda harus kita satukan karena jumlahnya banyak. Kita sudah terlalu lama diam sejak Indonesia merdeka, paling kalaupun maju jadi orang nomor dua. Siapa pun orangnya, asal orang sunda akan kita dukung," kata dia.

Pihaknya memiliki beberapa kriteria untuk orang sunda yang mau berkancah di tingkat nasional yakni harus bersih secara hukum dan berpengalaman di bidangnya.

"Kita bukan perkumpulan dari partai a atau b, atau aliran a atau b. Formas ini nantinya akan mendukung penuh orang sunda yang memiliki kriteria tersebut agar bisa maju di kancah nasional," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu visi misi dari Formas ialah menginginkan orang sunda yang berada di tatar sunda agar tidak melupakan orang sunda yang berada di perantauan.

"Karena orang sunda yang dirantau baik dalam dan luar negeri itu banyak, di Bali puluhan ribu, di Kalimantan jutaan, di Maluku juga banyak. Apakah pernah dimonitor warga sunda yang merantau. forum ini jadi tonggak sejarah, mengumpulkan orang sunda dari semua provinsi," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,