Asosiasi Nirlaba Ingin Ajukan Uji Materi UU BUMN

Asosiasi Nirlaba Ingin Ajukan Uji Materi UU BUMN

Ketua Umum Akses, Suroto .(Foto:Net)

Jakarta - Asosiasi Kader Sosio Ekonomi Strategis (Akses) sebagai asosiasi nirlaba pencetak kader pemimpin di daerah menyatakan ingin mengajukan uji materi atas UU BUMN karena dinilai telah mendorong terjadinya komersialisasi barang publik.

"Kenaikan barang-barang dan layanan publik yang tidak menentu saat ini sangat merugikan masyarakat dan terutama rakyat kecil. Seperti misalnya gas, BBM, sembako, tarif transportasi dan lain-lain," kata Ketua Umum Akses Suroto di Jakarta, Minggu (5/4/20150.

Ia mengatakan, hal itu tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena merugikan masyarakat.

Oleh karena itu pihaknya berharap seluruh komponen masyarakat untuk mendukung Akses segera melakukan uji materi terhadap UU BUMN yang dinilainya hanya menjadi lembaga yang bertujuan untuk mengejar keuntungan itu.

"Akar masalahnya sebetulnya adalah di UU BUMN yang sudah melegitimasi keputusan sepihak pemerintah untuk semata mencari keuntungan dengan menaikkan harga yang ujungnya adalah komersialisasi seluruh barang dan layanan publik," katanya.

Ia mencontohkan, UU itu telah menyebabkan ketidakberdayaan Bulog dalam mengatasi harga sembako, KAI yang mengenakan kenaikan tarif kereta ekonomi sampai seratus persen, hingga bank-bank BUMN yang bekerja seperti rentenir legal.

"Masyarakat sebaiknya jangan hanya menunggu rencana agenda revisi UU BUMN melalui parlemen. Kita harus batalkan UU yang merugikan rakyat itu melalui Mahkamah Konstitusi segera," katanya.

Ia menilai, idealnya BUMN memegang peran sebagai agen pembangunan dan bukan hanya berorientasi mengejar keuntungan. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,