Cuaca Buruk di Selat Lombok, Ratusan Truk Terhambat di Pelabuhan Lembar

Cuaca Buruk di Selat Lombok, Ratusan Truk Terhambat di Pelabuhan Lembar

Ratusan Truk Terhambat di Pelabuhan Lembar

Mataram - Ratusan truk angkutan barang tampak memadati pelabuhan Lembar Lombok Barat, NTB, Sabtu (11/10/2014), hingga antrean panjang pun mencapai dua kilometer dari loket pembayaran, menyusul kondisi cuaca yang masih buruk di perairan Selat Lombok sepekan terakhir.

Sejumlah sopir truk yang berhasil diwawancara bahkan mengaku harus bermalam di Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat, agar bisa menyeberang menuju Padangbai, Bali.

Beny (52) salah seorang sopir truk angkutan barang dari Flores, Nusa Tenggara Timur, tujuan Surabaya, saat dijumpai wartawan mengakui bahwa dirinya telah mengantre sejak Jumat (10/10/2014) siang.

"Sudah seharian saya mengantre panjang hingga bisa masuk ke pelabuhan Lembar. Katanya satu dermaga di Padangbai, Bali, sedang dalam perbaikan," ucapnya.

Beny bersama sopir truk lainnya juga bernasib sama, mereka harus rela mengantre dan bermalam menunggu giliran untuk menyeberang melewati Selat Lombok tujuan Bali.

Pelabuhan Padangbai, Bali, diketahui memiliki dua dermaga kapal. Namun, pada Agustus 2014 lalu, dermaga I telah dihantam ombak laut yang cukup keras, menyebabkan aktivitas penyeberangan dialihkan seluruhnya ke dermaga II.

Ditempat lain, Mahfudin (50) sopir truk angkutan barang dari Surabaya tujuan Lombok, mengatakan ombak di perairan Selat Lombok masih belum stabil dan kondisi Pelabuhan Padangbai, Bali, juga dikatakannya masih mengalami antrean panjang.

"Ombak di tengah laut masih belum stabil, kapal yang saya tumpangi juga sempat terombang-ambing karena pengaruh gelombang," ungkapnya.

Kemudian, kondisi Pelabuhan Padangbai, Bali, dikatakannya bahwa dermaga I masih dalam kondisi perbaikan. "Hanya satu dermaga yang digunakan, rata-rata antreannya cukup memakan waktu hingga setengah hari, baru bisa giliran menyeberang ke Lembar," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari sejumlah petugas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT ASDP) Indonesia Ferry Pelabuhan Lembar, membenarkan bahwa kondisi antrean panjang kerap terjadi sejak dermaga I Pelabuhan Padangbai, Bali, tidak berfungsi pada Agustus 2014.

Menurut para petugas PT ASDP Pelabuhan Lembar, perbaikan dermaga I Pelabuhan Padangbai sedang dalam tahap. Namun, akibat pengaruh cuaca buruk di perairan sekitar pelabuhan tersebut, menyebabkan proses perbaikannya menjadi terhambat.

Sehingga kini pihak PT ASDP Pelabuhan Lembar belum dapat memastikan aktivitas penyeberangan dapat kembali normal sampai batas waktu tertentu, mengingat kondisi cuaca di perairan Selat Lombok masih buruk. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,