Puluhan Tewas, Yaman Selatan Kian Mendidih

Puluhan Tewas, Yaman Selatan Kian Mendidih

Para penduduk menyelamatkan diri dari kisruh yang terjadi di Yaman.(Foto:Net)

Aden  - Lusinan orang terbunuh dalam bentrok terbaru antara pemberontak melawan pejuang loyalis Presiden Abedrabbo Mansour Hadi di Yaman selatan, kata para pejabat lokal seperti dikutip AFP.

Paling sedikit 19 orang anggota milisi Syiah Houthi dan 15 milis pro-Hadi terbunuh semalaman, ketika kedua pihak bersengketa terlibat pertempuran hebat untuk mengendalikan kota Daleh. "Pertempuran jalanan terjadi di Daleh setelah kedatangan dalam jumlah besar bala bantuan baru Houthi dari Ibb," kata seorang pejabat.

Kekerasan secara tajam meluas di negara yang terpecah bersuku-suku itu sejak koalisi Arab pimpian Arab Sausi melancarkan serangan udara melawan Houthi dukungan Iran pada 26 Maret.

Daleh terletak sekitar 120 km dari utara Aden, di mana Hadi mengungsi Februari lalu setelah Houthi berkuasa di ibu kota Sanaa.

Dia mengungsi ke Saudi Arabia bulan lalu begitu Houthi merangsek ke kota itu.  Selain itu juga berlangsung pertempuran hebat di Aden antara para pendukung dan musuh pemimpin Yaman itu dalam beberapa hari.

Palang Merah meminta gencatan senjata dengan segara guna memasilitasi pengiriman bantuan dan membolehkan orang mencari air, makanan dan bantuan kesehatan, demikian AFP. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:kerusuhan,