Buka Jalan Baru untuk Daerah Terisolir di Purwakarta

Buka Jalan Baru untuk Daerah Terisolir di Purwakarta

Rombongan TNI AD dan Pemkab Purwakarta buka akses jalan hubungkan dua kecamatan. (Bima Adi)

Purwakarta - Bukit dan hutan di Kabupaten Purwakarta dibuka dan akan dijadikan jalan untuk menghubungkan dua kecamatan yang terisolir, Maniis dan Sukasari.

Kecamatan Sukasari merupakan daerah terisolir di Purwakarta. Untuk 2015 mengaksesnya, harus menyebrangi Waduk Jatiluhur selama satu jam menggunakan perahu nelayan.

Sebelumnya, pada 2012, Pemkab Purwakarta telah membuka jalan yang menghubungkan Kecamatan Jatiluhur dan Sukasari.

"Kami kembali membuka akses jalan sepanjang 21.5 kilometer ini untuk menghubungkan Kecamatan Maniis dan Sukasari," kata Wakil Bupati Purwakarta Dadan Koswara di Sukasari, Senin (6/4/2015).

Saat berkunjung ke sana, bukaan hutan telah membentuk jalan selebar 12 meter. Namun, masih berupa tanah liat dengan tebangan pohon di kiri dan kanan jalan.

Tidak hanya itu, enam jembatan akan dibangun untuk menghubungkan dua daerah itu. Yakni Jembatan Cipeuteuy, Cibadak, Cibayongbong sepanjang 12 meter dan  Jembatan Ciririt, Cikanyayan dan Sukamukti masing-masing 50 meter.
Untuk melaksanakan tugas berat itu, Pemkab Purwakarta menggandeng TNI AD dari Kodim 0619 Purwakarta dan Korem 063.

"Kami menargetkan pembukaan jalan ini bisa selesai dalam waktu tiga bulan. Jika cuaca mendukung, itu sangat memungkinkan," kata Komandan Regional Militer 063 Kolonel Infranteri Sutjipto.

Keterlibatan TNI AD, kata dia, hanya sebatas membantu dan pendampingan agar pekerjaan dengan membuka hutan ini bisa segera selesai.

"Personil diterjunkan sebanyak 200 personil dan dibantu juga oleh masyarakat secara bergotong royong," ujarnya.(Ode)**

.

Categories:Daerah,
Tags:daerah,jabar,