BOPI Minta Menpora Bubarkan Arema dan Persebaya

BOPI Minta Menpora Bubarkan Arema dan Persebaya

Ketua Umum BOPI, Noor Aman.(Foto:Net)

Jakarta - Keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), akhirnya diabaikan juga oleh Arema Cronus dan Persebaya Surabaya. Kedua klub asal Jawa Timur itu lebih memilih tetap tampil di Liga Super Indonesia (ISL) 2015, meski tidak direkomendasikan oleh BOPI.
Menurut Ketua Umum BOPI Noor Aman, langkah Arema dan Persebaya adalah tindakan yang ilegal. Menurutnya, segera akan dikeluarkan sanksi bagi kedua klub tersebut. "Kalau dia mau menabrak lampu merah, siapa yang bisa melarang. Setiap ada kegiatan yang ilegal tentu ada sanksinya," ujar Noor Aman kepada wartawan di kantor Kemenpora, Senin (6/4/2015). 

"Sanksi tersebut diberikan kepada mereka yang melanggar oleh pihak yang punya kewenangan, yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga," katanya.

BOPI, kata Noor Aman hanya memberikan rekomendasi kepada Menpora terkait dengan sanksi yang akan diberikan. Sanksi tersebut bisa berupa teguran, administrasi atau juga hingga dibubarkan. "Kalau BOPI memberikan rekomendasi untuk dibubarkan," tutur purnawirawan Angkatan Darat tersebut. "Tak hanya klub, PT Liga juga kalau melanggar bisa diberikan sanksi. Menteri juga punya kewenangan untuk membekukan PT Liga, bahkan juga PSSI," lanjutnya.

Namun begitu, rekomendasi tersebut tak serta merta akan dilaksanakan oleh Menpora. Menurut Noor, BOPI punya kewenangan memberikan rekomendasi dengan alasan dan pertimbangan yang jelas.  "Menpora punya wewenang untuk menerima atau tidak rekomendasi BOPI," ungkapnya.
Keputusan BOPI mencoret  Arema Cronus dan Persebaya dari kompetisi ISL musim ini, sebenarnya telah menimbulkan protes dari suporter kedua tim. Aremania --sebutan pendukung Arema-- bahkan sempat menyerukan untuk memboikot kegiatan Menpora, Imam Nahrawi, dan BOPI di Malang. Mereka juga sempat membentangkan spanduk kecaman kepada BOPI, saat Arema Cronus bertemu Persija Jakarta di Stadion Kanjuruhan, Sabtu, 4 April 2015 lalu. (Jr.)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,