Gerakan Memadamkan Listrik Harus Berlanjut

Gerakan Memadamkan Listrik Harus Berlanjut

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cimahi - Anggota Komisi III DPRD Kota Cimahi Barkah Setiawan mengharapkan, gerakan memadamkan listrik atau "Earth Hour" di Cimahi, Jawa Barat, harus berkelanjutan bukan hanya sekedar seremonial yang hanya digelar setiap 28 Maret.

"Harus dilakukan secara konsisten, kalau hanya digalakan setiap tanggal 28 Maret selama satu jam, tidak akan efektif untuk menghemat energi," kata Barkah kepada wartawan di Cimahi, Senin (6/4/2015).

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Cimahi harus terus menyosialisasikan gerakan hemat energi kepada masayarakat setiap hari, bukan setahun sekali.

"Gerakan ini dilakukan setiap hari dan bukan hanya seremonial saja," katanya.

Menurut dia, gerakan hemat energi bukan hanya memadamkan listrik secara total, tetapi dalam penggunaan listrik yang bermanfaat atau mematikannya yang tidak perlu.

Ia mencontohkan, seperti mematikan lampu pada waktu tertentu seperti malam hari saat hendak tidur, atau mematikan alat-alat elektronik.

"Menghemat listrik itu gak harus dimatikan total selama satu jam, tetapi minimal yang nggak perlu dinyalakan, gak usah dinyalakan," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Cimahi memperingati "Earth Hour" dengan mengajak seluruh masyarakat untuk mematikan listrik selama satu jam.

Selain itu, perkantoran dan industri di Kota Cimahi diminta untuk memadamkan listrik dalam rangka penghematan energi listrik. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,