Tiga SMKN di Bandung Siap Laksanakan UN Online

Tiga SMKN di Bandung Siap Laksanakan UN Online

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Dinas Pendidikan Kota Bandung menyatakan ada tiga sekolah yang siap melaksanakan Ujian Nasional (UN) Online yakni SMAK Negeri 1, 3 dan SMK Negeri 13 Kota Bandung, yang akan dilaksanakan serentak pada 13 hingga 15 April 2015.

"Berdasarkan hasil verifikasi kami ternyata hanya tiga sekolah menengah kejuruan di Kota Bandung yang siap melaksanakan UN online. Sisanya melaksanakan UN secara manual," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana, di Bandung, Senin (6/4/2015).

Ia menuturkan, mayoritas sekolah memang belum siap melaksanakan UN Online dikarenakan membutuhkan persiapan yang maksimal, terutama dalam sarana dan prasarana penunjang seperti komputer dan jaringan internet.

"Kendati demikian, kami berharap mudah-mudahan tahun depan semua sekolah siap," kata Elih.

Sementara itu, salah satu kepala sekolah yang belum siap melaksanakan UN Online yakni Kepala SMK Negeri 6 Kota Bandung, Ramdan mengaku pada dasarnya sekolah yang ia pimpin sudah siap melaksanakan UN online.

Akan tetapi, lanjut Ramdan, waktu itu ada edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa sekolah yang bisa melaksanakan UN Online kekurangan maksimal komputernya harus 40 unit.

"Sedangkan di sekolah kami kekurangan komputernya sekitar 110 unit. Tapi kekurangan itu sedianya akan kami antisipasi dengan laptop dan gadget yang dimiliki anak-anak," kata dia.

"Namun karena edaran dari Kemedibud itu akhirnya kami memutuskan untuk tidak melaksanakan UN online," lanjutnya.

Pihaknya menambahkan, selama ini sekolahnya sudah melaksanakan kelas digital dan setidaknya kelas tersebut digunakan untuk kelas jurusan.

"Kelas jurusan itu meliputi Jurusan Permesinan, Teknik Gambar Bangunan (TGM) atau arsitek dan Kelas Umum," katanya. (AY)

.

Categories:Pendidikan,