Uni Eropa Bantu Pembangunan di Afghanistan Sebesar 1,4 Miliar Euro

Uni Eropa Bantu Pembangunan di Afghanistan Sebesar 1,4 Miliar Euro

pin bendera uni eropa&afganistan (Foto:Net)

Brussels - Komisi Eropa Sabtu (11/10/2014), mengumumkan pendanaan pembangunan baru senilai 1,4 miliar euro kepada Afghanistan untuk periode 2014-2020.

Dana akan difokuskan pada sektor-sektor penting seperti pembangunan pedesaan dan pertanian, kesehatan, dan memperkuat demokrasi di negeri itu.

Penandatanganan atas program pembangunan antara Komisaris Uni Eropa untuk Pembangunan, Andris Piebalgs, dan Penasihat Ekonomi Nasional Presiden Afghanistan Ghani, Hazrat Omar Zakhilwal, berlangsung pada Jumat (10/10/2014) di Washington, di sela-sela pertemuan tahunan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional.

"Perjanjian ini merupakan bukti Uni Eropa terus komitmen dalam jangka panjang terhadap Afghanistan. Kami berharap dana tersebut dimanfaatkan untuk menciptakan kondisi yang diperlukan bagi meningkatkan mata pencaharian warga Afghanistan, dengan menciptakan lapangan kerja, semakin memperkuat lembaga Afghanistan, dan memungkinkan kehidupan penduduk lebih baik," kata Piebalgs.

Uni Eropa akan memfokuskan dukungannya kepada Afghanistan dalam tujuh tahun ke depan pada pengembangan sektor pertanian dan pedesaan, kesehatan, keamanan fisik dan hukum bagi warga negara serta demokratisasi yang lebih luas, katanya menegaskan. (AY)

.

Categories:Internasional,