Bandung Dapatkan Dana 4,5 Miliar Swasembada

Bandung Dapatkan Dana 4,5 Miliar Swasembada

ilustrasi. (Net)

Bandung - Indonesia yang dikenal mempunyai tanah yang subur ternyata hanya berkontribusi produksi beras sebanyak 4, 96 % sisanya masih mengimpor dari negara lain. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Elly Wasliah di program Bandung Menjawab ruang wartawan, Balai Kota jalan Wastukencana. Selasa, 7 April 2015.
 
Elly mengungkapkan bahwa saat ini mayoritas beras yang ada di Bandung dihasilkan dari Pantura sedangkan pemasok terbesar beras didapatkan dari Indramayu, Karawang dan Subang.

" Dalam satu hari masyarakat Kota Bandung menghabiskan 750 ton beras padahal kandungan glukosa pada beras lebih tinggi sehingga yg sakit diabetes biasanya harus mengurangi makan nasi," ujar Elly.

Di tahun ini Bandung mendapatkan dana alokasi khusus dari pertanian kementrian, di mana hanya Bandung dan Tasikmalaya saja sebesar 4,5 miliar khusus untuk swasembada beras. 

"Alokasi khusus ini ditujukan untuk rehabilitasi irigasi, pembuatan lumbung, pengadaan sarana, usaha tani, diperbaiki jaringan irigasi," tutur Elly.

Menurut Elly, mengapa Bandung mendapat bantuan dana alokasi khusus dikarenakan Kota Bandung dianggap luas lahan sawahnya tertinggi dibandingkan kota lain.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,