Kopi Jabar Wakili Indonesia di London

Kopi Jabar Wakili Indonesia di London

ilustrasi. (Net)

Bandung - Java Coffee Preanger atau kopi asli asal Jawa Barat akan mewakili Indonesia di ajang The London Coffee Festival 2015 yang akan di adakan di London, Inggris, pada 29 April.

Di ajang tersebut Indonesia diwakili oleh Pemilik Morning Glory Coffee, Natanael Charis, yang akan mengikuti perlombaan kategori Coffee Master Battle.

"Jadi itu dari seluruh dunia dipilih 20 orang, salah satunya ya kita. Dari Asia cuma kita dan kebetulan yang terpilih mewakili dari Jabar," kata Natanael, di Bandung, Selasa (7/4/2015).

Alasan dirinya mewakili Indonesia di ajang tersebut juga karena sebelumnya telah berhasil menang pada Festival Kopi Internasional di Thailand dan Dublin, Irlandia.

"Waktu itu, panitianya mengadakan uji cita rasa kopi. Dan kita membawa kopi dari Garut, ternyata kopi ini muncul sebagai juara di sana," kata dia.

Menurut dia, negara-negara di Benua Eropa menjadi saingan terberat dalam festival kopi internasional tersebut.

Ia menuturkan, ada enam sesi dalam kategori perlombaan tersebut diantaranya uji cita rasa kopi.

Pada sesi ini, menurut dia, panita akan menyuguhkan enam kopi di dalam enam cangkir yang berbeda yang kemudian diurut secara acak dan dalam waktu dua menit harus diketahui jenis kopi di enam cangkir tersebut.

"Jadi saya harus pilih dari enam kopi tersebut. Lalu kopi mana yang sama harus saya seduh, tanpa mesin, ketika saya seduh, saya harus sebut kopi tersebut dari mana, rasanya apa," kata dia.

Setelah itu, lanjut dia, dirinya harus membuat latte art, dan membuat 10 minuman berbahan dasar kopi.

"Dan yang terakhir saya harus buat 'signature drink' (minuman ciri khas). Itu yang dibikin dari kopi Garut. Ini merupakan karya atau kreasi sendiri. Nantinya saya bikin kopi cita rasa Eropa namun dari kopi Garut dan dasarnya ada buah-buah sepertti apel, jeruk, anggur," kata dia.

Dirinya mengharapkan doa dan dukungan dari semua masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat agar bisa meraih kemenangan di The London Coffee Festival 2015. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:aher,bandung,