BOPI Akan Beri Sanksi Bertingkat kepada PT Liga

BOPI Akan Beri Sanksi Bertingkat kepada PT Liga

Pernyataan sikap Arema Cronus FC jelang kick-off QNB League versus Persija, Sabtu (4/4). (Dok.Naif MSports)

Jakarta - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akan memberikan sanksi bertingkat terhadap PT Liga sekalu operator kompetisi Liga Indonesia (QNB League) musim 2015, karena mengabaikan rekomendasi BOPI yang tetap menggelar laga Arema dan Persebaya.

PT Liga dianggap melanggar rekomendasi BOPI, karena tetap menggelar kompetisi dengan 18 klub. Sedangkan BOPI hanya merekomendasikan 16 klub tanpa Arema dan Persebaya. "Akan ada sanksi bertingkat untuk PT Liga," kata Noor Aman, selaku Ketua BOPI di Jakarta, Selasa (7/4).

Nyatanya, tak hanya menggelar laga Arema kontra Persija dan Persebaya kontra Mitra Kukar pada akhir pekan lalu. PT Liga pun dinilai menyalahi kesepakatan rekomendasi penyelenggaraan kompetisi yang berubah nama.

PT Liga yang dipimpin Sekjen PSSI Joko Driyono, mengubah nama kompetisi Indonesia Super League (ISL) menjadi QNB League. Perubahan nama itu karena mereka mendapat sponsor selama tiga musim dari Qatar National Bank Group.

Terhadap dua pelanggaran itu yang membuat PT Liga akan dikenakan sanksi bertingkat oleh BOPI. Menurut Noor Aman, kemungkinan sanksi tersebut berupa pencabutan rekomendasi yang telah diberikan BOPI kepada PT  Liga yang menjadi operator.

Noor mengatakan, akan tetap menyerahkan keputusan sanksi PT Liga tersebut kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga. "Tapi semuanya tergantung Kemenpora," lanjut Noor.

Sebelumnya, Jokdri sempat mengatakan jika kompetisi tak bisa berjalan dengan 16 klub, karena sudah menjadwalkan pertandingan bagi 18 klub. Ia mengatakan, jadwal tersebut sulit diubah sehingga kompetisi tetap berjalan dengan 18 klub.(Jr.)** 
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,