HNSI Garut Desak Pemda Bangun Pelabuhan

HNSI Garut Desak Pemda Bangun Pelabuhan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Garut, mendesak pemerintah daerah untuk mendorong pemerintah pusat segera membangun pelabuhan bagi kapal besar di pantai selatan Garut.

"Saat ini kami (HNSI Garut) sedang menggenjot membantu pemeritah daerah dalam mewujudkan kepentingan nelayan di Garut untuk membangun pelabuhan," kata Sekretaris HNSI Kabupaten Garut Lukman melalui telepon seluler, Selasa (7/4/2015).

Ia menuturkan, studi kelayakan pelabuhan di Garut sudah dibuat sejak lama, selanjutnya tinggal pemerintah membuat rincian rancangan tekniknya dan analilis mengenai dampak lingkungan.

HNSI Garut, lanjut dia, sedang membuat proposal usulan pembangunan pelabuhan untuk selanjutnya ditandatangani Bupati Garut.

"Proposal sedang dibuat, tinggal keseriusan Pak Bupati untuk membantu masyarakat di Garut selatan," katanya.

Setelah ditandatangani Bupati Garut, pihaknya segera berangkat ke Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk selanjutnya kemeneterian membentuk panitia pembangunan.

"Kementerian diketahui sudah setuju dan tinggal support langsung dari pemerintah daerah," katanya.

Ia berharap, setelah dibangunnya pelabuhan di pantai selatan Garut, seluruh kapal besar yang dimiliki nelayan Garut dapat singgah lalu menjual ikan hasil tangkapannya.

Menurut dia, selama ini kapal ukuran besar yang dimiliki nelayan Garut tidak pernah singgah di perairan Garut karena belum adanya pelabuhan yang memadai.

"Kondisi seperti itu menjadikan hasil laut di Garut tidak pernah dinikmati secara utuh oleh masyarakat Garut," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,