Takasaki Menangkan Kashima Antlers

Takasaki Menangkan Kashima Antlers

Tokyo - Pemain pengganti Hiroyuki Takasaki mencetak gol dengan sentuhan terakhirnya di pertandingan, ketika Kashima Antlers menghantam upaya Evergrande Guangzhou untuk meraih gelar Liga Champions AFC melalui kemenangan 2-1 pada Rabu (8/4/2015) WIB.

Takasaki mencetak gol dengan memanfaatkan tendangan bebas pada menit ke-93 untuk membawa tim Jepang itu unggul, sekaligus memberikan kekalahan perdana di kancah Asia bagi Guangzhou yang dilatih Fabio Cannavaro.

Kashima menghadapi potensi tereliminasi, sementara kemenangan keempat secara beruntun bagi Guangzhou akan membawa mereka melaju ke putaran 16 besar, ketika mereka berupaya untuk meraih gelar Asia keduanya.

Namun tandukan Takasaki dari tendangan bebas Gaku Shibasaki mengejutkan sang juara Tiongkok, dan membuat para penggemar tuan rumah bergembira di Stadion Kashima.

Masih di Grup H, Western Sydney Wanderers beruntung untuk dapat meraih hasil imbang 1-1 dengan FC Seoul setelah terjadi kontroversi garis gawang pada fase akhir pertandingan.

Kiper Wanderers Ante Covic dapat menepis sepakan voli pada masa akhir pertandingan, namun ketika ia mendarat, genggamannya terlihat mengendur dan bola sempat masuk ke gawang.

Teknologi garis gawang telah diperkenalkan di Liga Utama Inggris dan Piala Dunia, namun belum digunakan di kompetisi klub elit Asia.

Go Yo Han membatalkan gol pembuka Kerem Bulut dan meski terdapat permohonan penalti dari Tomi Juric, pelatih Wanderers cukup puas dengan hasil ini.

"Anda harus mengambil peluang-peluang yang dimiliki pada level ini, dan pada akhirnya ini sedikit menyeramkan, ini dapat saja berakhir dengan cara lain," kata Popovic.

Hasil-hasil ini membawa Guangzhou tetap memuncaki klasemen Grup H dengan sembilan angka, unggul sembilan angka atas Wanderers dan FC Seoul, sedangkan Kashima masih memiliki peluang dengan tiga angka dan dengan dua putaran pertandingan lagi yang belum dimainkan.

Pahlawan enam gol Rocardo Goulart memimpin Guangzhou meraih tiga kemenangan beruntun, namun bek Brazil ini gagal mencetak gol ketika Kashima mampu unggul melalui penalti Yasusho Endo.

Itu tidak terjadi sampai menit ke-75, ketika penyerang Brazil Elkeson membawa Guangzhou menyamakan kedudukan melalui sepakan voli kaki kiri.

Namun Kashima memperlihatkan ketenangan luar biasa dan Takasaki, yang dimasukkan pada menit ke-77, memaksimalkan peluangnya ketika ia mengarahkan bola sundulan melewati kiper Li Shuai.

Di tempat lain Gamba Osaka mengalahkan wakil Thailand Buriram United dengan skor 2-1 untuk membuat Grup F tetap sengit sampai dua putaran terakhir.

Theerathon Bunmathan membawa Buriram memimpin, namun penyerang asal Brazil Lins menyamakan kedudukan, sebelum Kotaro Omori menjadi pemain pengganti ajaib asal Jepang kedua di malam ini, saat ia mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-78.

Seongnam FC bermain imbang 0-0 dengan Guangzhou R&F, untuk membuat keempat tim di grup itu hanya terpisah tiga angka.

Di Asia Barat, penyerang Suriah Omar al Somah mencetak dua gol untuk memastikan Al Ahli tetap memuncaki klasemen Grup D, ketika klub Arab Saudi itu meraih hasil imbang 2-2 dengan tim Iran Tractorsazi Tabriz.

Di Staduon Yadegar-e-Emam di Tabriz, tuan rumah unggul terlebih dahulu melalui penyerang Brazil Edinho pada menit ke-59.

Al-Soma menyamakan kedudukan melalui tembakan jarak dekat pada menit ke-72.

Bagaimanapun, tim Iran itu kembali unggul tiga menit kemudian berkat tandukan Shahin Saghebi dari tendangan sudut namun Al Somah mampu menyamakan kedudukan untuk kedua kalinya pada menit terakhir.

Sementara itu Al Ahli dari Uni Emirat Arab naik ke peringkat kedua di Grup D melalui kemenangan 1-0 atas klub Uzbekistan Nasaf.

Gol pada menit ke-81 yang dicetak pemain asal Brazil Everton Ribeiro, yang mencetak gol dari operan Luis Antonio, membawa Al Ahli meraih kemenangan perdana dari empat pertandingan.

Nasaf semestinya dapat menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir, namun tembakan pemain pengganti Shohruh Gadoev melebar.

Pada pertandingan yang dimainkan Selasa malam, Naft Tehran menaklukkan klub Arab Saudi Al Shahab dengan skor 3-0 untuk naik ke posisi puncak klasemen Grup B.

Naft, yang menghuni peringkat ketiga di klasemen sebelum pertandingan Selasa, kini memiliki tujuh angka dari empat pertandingan, sedangkan Al Ain dan Pakhtakor berada di peringkat kedua dan ketiga setelah keduanya bermain imbang 1-1.

Vahid Amiri membawa Naft unggul pada menit ke-55, sedangkan gol-gol larut dari Amir Motahari dan Reza Galoujeh mengunci kemenangan timnya.

Di Uni Emirat Arab, Jires Kembo-Ekoko mencetak gol pada menit ke-20 untuk tim tuan rumah, namun Igor Sergeev merestorasi skor imbang pada menit pertama masa tambahan waktu. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,