Waspadai, Banjir dan Longsor di Bulan April Ini

Waspadai, Banjir dan Longsor di Bulan April Ini

ilustrasi. (Net)

Bandung - Masyarakat diharapkan untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir dan longsor, melihat prakiraan cuaca bulan ini masih akan turun hujan dengan intensitas tinggi hingga akhir April 2015 nanti.

Hal tersebut diungkapkan Iid, Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat, saat ditemui CikalNews.com, di Gedung BMKG Jalan Kenari Kota Bandung, Rabu (8/4/2015) sore.

"Prakiraan cuaca April ini masih musim hujan, sesuai data klimatologi bulan April terjadi hujan lebat berdasarkan prediksi BMKG. Namun pola angin telah mengalami perubahan sirkulasi mulai dari musim baratan, yaitu penghujan beralih ke timuran kemarau," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, cuaca ekstrem yang mungkin terjadi seperti hujan es, dan hujan dengan intensitas tinggi kemungkinan tetap akan terjadi ditambah, selain  angin puting beliung. "Puting beliung umumnya terjadi di musim penghujan dan beberapa kali terjadi di musim pancaroba. Kalau kondisi cuaca sangat ekstrem, maka di udara terbentuk awan CB dan saat itulah terjadi puting beliung," bebernya.

Menurut data yang dihimpun CikalNews.com melalui Dinas BMKG Jawa Barat, berikut informasi prakiraan cuaca Kota Bandung untuk besok Kamis (9/4/2015) hujan diperkirakan terjadi siang, sore dan malam hari, yang terkadang disertai petir untuk wilayah Bandung Utara, Tengah dan Selatan. 

 
Sedangkan kondisi angin diperkirakan berubah - ubah arah, dengan kecepatan 16 Km per jam. Suhu terendah mencapai 19,8 dan tertinggi 27,9 derajat Celcius kelembapan antara 66 hingga 94 persen. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,