Indonesia Mengusulkan Pembentukan Asia-Afrika Center

Indonesia Mengusulkan Pembentukan Asia-Afrika Center

Yogyakarta - Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi mengatakan Pemerintah Indonesia bakal mengusulkan pembentukan Asia-Afrika Center dalam Peringatan Konferensi Asia-Afrika ke-60 di Bandung mendatang.

"Indonesia siap untuk mengusulkan pembentukan Asia Afrika Center, pusat aktivitas kerja sama, pertukaran pengetahuan dan diskusi, serta memperkuat hubungan Asia Afrika yang sudah berlangsung," kata Retno dalam seminar internasional "Bandung Conference and Beyond 2015" di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (8/4/2015).

Menurut dia, pembentukan Asia-Afrika Center patut diusulkan dalam momentum pertemuan negara-negara dua kawasan itu karena kerja sama antara negara Asia dan Afrika melalui pertemuan rutin belum terlembaga dengan baik.

Kerja sama antarnegara Asia-Afrika selama 60 tahun belum pernah terlembaga dalam suatu forum pertemuan yang digelar secara rutin.

Padahal, katanya, sudah banyak forum pertemuan internasional, seperti forum pertemuan negara Asia dan Eropa (ASEM), Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), serta forum pertemuan negara Asia Timur dengan Amerika Latin (FEALAC).

Oleh sebab itu, menurut Retno, negara-negara di Asia dan Afrika perlu membentuk forum khusus guna menjembatani hubungan kerja sama yang lebih erat di berbagai bidang.

"Kita membutuhkannya. Kerja sama antara Asia dan Afrika harus diperkuat," kata dia.

Kendati demikian, ia mengatakan, usulan tersebut tidak optimal jika hanya disampaikan oleh Indonesia, melainkan perlu mendapat dukungan dari negara peserta lainnya.

"Kita perlu negara lain untuk mendukung ini agar hubungan Asia Afrika makin dekat," kata dia.

Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 1955 yang menghasilkan Dasasila Bandung, kata Retno, perlu diwujudkan dalam bentuk kerja sama yang lebih konkret.

Bahkan, katanya, kerja sama Selatan-Selatan juga mesti diperkuat.

"Kerja sama Selatan-Selatan dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kemakmuran dunia," kata dia.(AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:,