Pembakaran Kapal Asing Belum Efektif

Pembakaran Kapal Asing Belum Efektif

Pembakaran Kapal Asing Belum Efektif.(Net)

Kupang - Pemerhati masalah Laut Timor Ferdi Tanoni menilai tindakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membakar kapal-kapal nelayan asing yang mencuri ikan di wilayah perairan Indonesia belum efektif cegah masuknya "ilegal fishing".

"Sampai saat ini belum terlihat secara signifikan bahwa nelayan asing akan takut memasuki perairan Indonesia. Saya belum temukan hal itu," katanya di Kupang, Rabu (8/4/2015).

Ia menilai walaupun tindakan membakar kemudian menenggelamkan kapal asing itu tidak mengganggu hubungan diplomatik Indonesia dengan negara lain, namun akan lebih penting jika permasalah tapal batas perairan Indonesia bisa dirundingkan kembali dengan negara-negara tetangga.

Tanoni, mengaku setuju dengan tindakan menenggelamkan kapal asing itu, namun yang lebih penting menurutnya adalah menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di seluruh perairan nusantara, termasuk di antaranya Laut Timor sesuai dengan kelaziman internasional serta fakta geologi dan geomorfologi yang ada.

Tanoni yang juga Ketua Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB) tersebut mengatakan berdasarkan catatannya dari 2007-2014 telah menenggelamkan puluhan kapal asing yang masuk ke perairan Indonesia, namun tindakan tersebut telah memberikan efek jera dan hanya pemerintah yang tahu.

"Yang paling penting sekarang adalah pemerintah harus berani menegaskan 'law enforcement' di wilayah-wilayah perbatasan agar tidak dicaplok oleh negara asing," tuturnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai agen imigrasi Kedubes Australia tersebut mengatakan, jangan sampai pulau Natuna yang sekarang diklaim Republik Rakyat Tiongkok (RRT) tersebut harus hilang lagi NKRI, seperti Pulau Sipadan dan Ligitan yang diambil Malaysia.

Ia justru menilai klaim yang dilakukan oleh RRT terhadap Pulau Natuna hampir sama dengan klaim Australia terhadap Pulau Pasir (ashmore reef) yang berada di selatan Pulau Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Oleh karena itu menurutnya akan lebih penting jika penegakan kedaulatan di seluruh perairan Indonesia sangat penting untuk dapat memberikan efek jera bagi pencuri ikan yang mencuri ikan di laut Indonesia. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:daerah,