8 April 1994, Kurt Cobain Ditemukan Tewas Mengenaskan

8 April 1994, Kurt Cobain Ditemukan Tewas Mengenaskan

Seattle - Tepat tanggal 8 April 1994 (21 tahun yang lalu) merupakan hari duka bagi seluruh penggemar musik beraliran Grunge, jenis musik rock yang khas dengan distorsi gitar. Pada tanggal itu pentolan grup band Nirvana, Kurt Cobain ditemukan tewas mengenaskan di rumahnya di Kota Seattle, Negara Bagian Washington, Amerika Serikat.

Seperti dimuat BBC On This Day, Rabu (8/4/2015) Kurt Cobain, seorang musisi yang pada saat itu tengah bersinar ditemukan tak bernyawa dengan luka tembakan yang parah pada bagian kepalanya. Sepucuk pistol dan selembar catatan pun ditemukan di sampingnya. Cobain diduga kuat bunuh diri.

Jenazah pertama kali ditemukan oleh seorang tukang reparasi yang hendak memperbaiki peralatan listrik di rumah musisi yang saat itu usianya masih muda, 27 tahun. Menurut ibunda, Wendy O'Connor, dirinya tak mendengar kabar Cobain lagi dalam enam hari terakhir, hingga akhirnya vokalis Nirvana tersebut ditemukan tewas.

Cobain yang juga dikenal sebagai gitaris kidal itu diketahui baru pulih dari koma, lantaran kecanduan narkoba dan minuman beralkohol satu bulan sebelumnya. "Saya sudah sering menegur dia untuk tidak terjun ke dunia narkoba dan obat-obatan," ujar Wendy O'Connor.

Cobain tewas meninggalkan seorang istri, Courtney Love yang merupakan vokalis band Hole, dan anak, Frances Bean yang ketika itu masih berusia 18 bulan. Pihak manajemen Nirvana, Gold Mountain Entertainment sendiri menyatakan, "kami sangat bersedih atas kepergian artis multilatenta, sahabat kami, suami dan ayah yang begitu mencintai istri dan anaknya."

Berdasarkan hasil otopsi, Cobain diketahui sudah tak bernyawa selama 34 jam hingga akhirnya ditemukan. Dia dinyatakan menghembuskan nafas terakhir 3 hari sebelumnya, yakni tanggal 5 April 1994.

Sejauh ini, penyebab bunuh diri Cobain memang masih simpang siur. Ada yang menyebut ia frustrasi karena kecanduan narkoba dan alkohol. Ada juga yang menduga ia stres setelah rekannya di Nirvana, bassist Chris Novoselic mengumumkan akan keluar dari band.

Berdasarkan buku perjalanan Kurt Cobain yang dirilis 8 tahun setelah kematiannya, musisi  itu berjuang melawan penyakit, depresi, dan kecanduan heroin. Pada catatan yang publikasinya telah disetujui sang istri, Cobain diketahui membeli pistol, yang kemudian diduga digunakan untuk bunuh diri.

Band Nirvana yang digawangi Kurt Cobain sukses pada era akhir tahun 80-an hingga awal 90-an. Lagu "Smells Like Teen Spirit" laris terjual hingga 8 juta kopi. Album "Nevermind" menjadi pengaruh besar bagi musik Grunge di seluruh dunia. Nama Kurt Cobain pun akan terus dikenang oleh pecinta musik internasional. (Jr.)**
.

Categories:Hot Seleb,
Tags:,