Komisi III DPR Sepakati Jadwal Uji Kelayakan Kapolri

Komisi III DPR Sepakati Jadwal Uji Kelayakan Kapolri

ilustrasi. (Net)

Jakarta - Rapat Pleno Komisi III DPR RI menyepakati jadwal uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri pada tanggal 15, 16, dan 17 April 2015, kata Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin.

"Rapat Pleno Komisi III DPR RI menyepakati beberapa hal, calon Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan pada tanggal 15, 16, dan 17 April," kata Aziz di Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu (*/4/2015).

Dia mengatakan sebelum uji kelayakan dan kepatutan itu, Komisi III DPR RI akan mengundang para ahli, Komisi Kepolisian Nasional dan unsur masyarakat yang diminta masukannya.

Menurut dia Komisi III DPR RI juga akan melakukan kunjungan ke kediaman Badroidin Haiti antara tanggal 15, 16, atau 17 April 2015, namun hal itu akan dimintai konfirmasi terlebih dahulu kepada yang bersangkutan.

Aziz menjelaskan dalam Rapat Pleno tersebut, Komisi III DPR RI juga membahas mengenai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang perubahan UU Nomor 30 tahun 2002 yang akan dibahas pada 20, 21, dan 22 April.

"Kami akan memulai dengan Rapat Kerja dengan Menkumham pada hari Kamis (9/4) pukul 19.30 WIB," ujarnya.

Selain dia mengatakan terkait calon Wakil Kapolri, Komisi III DPR RI berpegang teguh pada Pasal 11 UU nomor 2 tahun 2002.

Menurut dia dalam UU tersebut, DPR RI diberi kewenangan sebatas calon Kapolri dan tidak masuk ranah Wakil Kapolri.

"Saya dalam kapasitas sebagai Ketua Komisi III DPR RI harus berpegang pada konstitusi yang ada," tukasnya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:,