Cuaca Ekstrem Kota Badung Bisa Memicu Longsor

Cuaca Ekstrem Kota Badung Bisa Memicu Longsor

ilustrasi. (Net)

Bandung - Sejak beberapa hari terakhir ini Kota Bandung masih diselimuti cuaca ekstrem. Kondisi itu tentunya menyebabkan timbulnya berbagai bencana, seperti longsor di kawasan Cililin Kabupaten Bandung Barat, banjir di kawasan Baleendah Kabupaten Bandung dan wilayah Kota Bandung.

Menurut pantauan prakiraan cuaca BMKG Jabar, hal itu disebabkan oleh perubahan iklim, sehingga menyebabkan perubahan pola hujan dan cuaca di Kota Bandung.

 
"Menurut Informasi longsor dan banjir di Bandung dalam beberapa tahun ini banyakya terjadi di bulan April. Kondisinya tidak terlalu kontinyu. Namun bila intensitas hujan tinggi kemungkinan apa saja bisa terjadi terutama longsor," beber Iid, Prakirawan Cuaca BMKG Jabar kepada CikalNews.com di kantor BMKG, Jalan Cemara Kota Bandung, Rabu (8/4/2015).

Oleh karena itu menurutnya, masyarakat perlu mewaspadai terutama yang bermukim  di lereng - lereng gunung kemungkinan bahaya longsor. "Longsor sangat mungkin terjadi jadi untuk warga Bandung, terutama yang bermukim di darah lereng - lereng, tetap waspada," paparnya.

Dirinya menjelaskan, untuk daerah pantai tidak terjadi perubahan cuaca ekstrem. "Untuk wilayah pantai gelombang laut tidak terlalu parah, normal di wilayah selatan gelomang air laut 2 meter. Sedangkan di wikayah utara 0,75 meter," pungkasnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bencana,