Nilai Tukar Rupiah Rp 12.957 per Dolar AS Kamis Ini

Nilai Tukar Rupiah Rp 12.957 per Dolar AS Kamis Ini

Ilustrasi.(Foto:liputan6)

Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis pagi bergerak menguat sebesar 17 poin menjadi Rp12.940 dibandingkan posisi sebelumnya Rp12.957 per dolar AS.


"Rupiah kembali bergerak menguat terhadap mata uang dolar AS bersamaan dengan mata uang lain di kawasan Asia, sentimen dari dalam negeri dan eksternal masih dapat menopang laju mata uang rupiah," kata Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta di Jakarta, Kamis (9/4/2015).

Dari dalam negeri, ia mengemukakan bahwa penguatan harga surat utang negara (SUN) menjadi salah satu sentimen positif bagi mata uang domestik.

Dari eksternal, lanjut dia, rilis notulensi rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) menunjukkan bahwa masih adanya perbedaan pendapat mengenai kenaikan suku bunga AS di tahun ini menyusul perkembangan data ekonomi AS yang masih di bawah harapan menjadi sentimen negatif bagi dolar AS.

"Mengenai waktu kenaikan suku bunga AS masih terdapat perbedaan pendapat, dalam FOMC itu ada yang berpendapat bahwa kenaikan di Juni masih terlalu cepat," katanya.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Rully Nova menambahkan bahwa rupiah masih berada di area positif meski dibayangi cadangan devisa periode Maret yang mengalami penurunan.(Ode)**

.

Categories:Perbankan,
Tags:perbankan,