Cautinho Bawa Liverpool ke Semifinal Piala FA

Cautinho Bawa Liverpool ke Semifinal Piala FA

Cautinho Bawa Liverpool ke Semifinal Piala FA

London - Philippe Coutinho mencetak gol kemenangan pada babak kedua ketika Liverpool menghancurkan kegigihan tim Championship Blackburn Rovers, untuk mencapai semifinal Piala FA melalui kemenangan 1-0 pada pertandingan ulangan yang dimainkan pada Kamis (9/4/2015) WIB.

Pasukan Brendan Rodgers, yang menghadapi pertandingan ini setelah menelan dua kekalahan beruntun di Liga Utama Inggris untuk mengakhiri harapan mereka finis di empat besar, akan menghadapi Aston Villa pada semifinal yang dimainkan di Wembley.

Mereka menjadi pemenang di Ewood Park setelah mendominasi penguasaan bola namun kesulitan untuk mematahkan pertahanan tuan rumah, dan membuat Liverpool hanya memiliki sedikit peluang untuk mencetak gol.

Pemecah kebuntuan terjadi pada menit ke-70 ketika Coutinho bertukar operan dengan Jordan Henderson dari tendangan sudut, merangsek masuk ke kotak penalti dan melepaskan bola mendatar ke sudut bawah gawang.

"Dari awal sampai selesai, saya pikir kami tampil brilian pada malam ini," kata kapten Liverpool pada pertandingan ini Jordan Henderson kepada BT Sport.

"Sekarang kami memiliki pertandingan berat melawan Villa di Wembley, namun ini memberikan klub dorongan (semangat) yang bagus." Kemenangan ini menjaga sang juara tujuh kali Liverpool tetap berada di jalur untuk memenangi trofi pertama Rodgers bagi klub, setelah penampilan mengecewakan di liga yang membuat mereka terlempar dari zona kualifikasi Liga Champions.

Rodgers mengatakan menjuarai Piala FA akan mewakili perkembangan untuk tim asuhannya, meski gagal memberi dampak di liga setelah berhasil finis di peringkat kedua pada musim lalu.

Bagaimanapun, ini penampilan yang jauh dari meyakinkan bagi Liverpool, yang terlihat kepercayaan dirinya telah hilang setelah kalah beruntun dari Manchester United dan Arsenal.

Dengan permukaan lapangan yang keras sehingga menyulitkan penguasaan bola, Liverpool, yang kehilangan bek Mamadou Sakho akibat cedera pada fase awal pertandingan, menghabiskan babak pertama dengan tempo permainan lambat serta sedikit kesuksesan.

Blackburn bekerja keras dan bertahan dengan baik, berusaha dan menguji formula yang kerap digunakan tim-tim divisi bawah untuk memberikan kejutan di ajang piala.

Liverpool hanya memiliki sedikit peluang mencetak gol pada babak pertama, di mana upaya Coutinho dapat digagalkan Simon Eastwood dan Daniel Sturridge mencoba peruntungannya dengan sepakan spekulatif yang terlalu tinggi.

Tuan rumah memiliki dua peluang yang dapat digagalkan Simon Mignolet pada awal babak kedua, di mana kiper Liverpool itu menepis sepakan dari jarak 25 meter yang dilepaskan Tom Cairney, dan meninju tandukan Ben Marshall ke tiang gawang.

Bagaimanapun, Liverpool menjaga penguasaan mereka terhadap bola dan momen yang dimiliki Coutinho terbukti menjadi pembeda. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,