Disdik Jabar Mulai Distribusikan Soal UN

Disdik Jabar Mulai Distribusikan Soal UN

Ilustrasi Foto.(Net)

Bandung - Dinas Pendidikan Jawa Barat, Kamis (9/4/2015), mulai mendistribusikan soal Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/SMK/MA dan sederajat dari titik bongkar provinsi ke titik bongkar 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

"Hari ini sudah mulai distribusi soal, dari titik bongkar gudang kita yang kebetulan ada dipercetakan, di Bogor. Pengadaan naskah soal UN ini kan oleh pusat, kita dari sisi pengamanan wilayahnya," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Asep Hilman di Bandung, Kamis (9/4/2015).

Menurut dia, mekanisme pengiriman naskah soal UN tersebut akan mendahulukan daerah terjauh atau terpencil dari titik bongkar provinsi.

Sebagai contohnya, kata Asep, pendistribusian ke daerah Jawa Barat Selatan akan lebih didahulukan daripada ke daerah yang letaknya dekat dengan titik bongkar provinsi seperti Bandung, Cianjur, Sukabumi.

"SOP-nya untuk loading kita dahuluan kabupaten/kota, terpencil atau terjauh sehingga secara simulyan pada kapasitas hari H nya, yang jauh dan dekat bisa berbarengan pelaksanaannya," kata dia.

Pihaknya juga meminta jaminan ke pengelola titik bongkar soal UN agar kendaraan yang dipakai untuk mengakut naskah soal kondisinya bagus.

"Dalam artian kendaraan yang dipakai itu harus tangguh, bisa menempuh medan berat, apalagi sekarang musim hujan jadi tidak menggangu ketibaan naskah soal ke daerah," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam proses penyaluran naskah soal UN pihaknya juga dibantu oleh aparat kepolisian.

"Kemudian pada kapasitas pengiriman ini kita sudah melibatkan pengaman dari pihak kepolisian, ditambah dari Disdik Jabar," kata dia.

Untuk tahun 2015 ini, jumlah siswa SMA, SMK, MA dan sederajat di Provinsi Jawa Barat yang menjadi peserta Ujian Nasional (UN), tercatat sebanyak 245.767 orang.

"Jumlah peserta UN ini menyebar di 27 kabupaten/kota se-Jabar, yang terdiri dari siswa SMA sebanyak 167.828 peserta, MA sebanyak 53.357 peserta dan SMK 24.582 peserta," kata dia.

Menurut dia, total siswa peserta UN 2015 ini tersebar di 1.340 sekolah SMA, 1012 sekolah MA, dan 2.195 sekolah SMA. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,