Purwakarta Masih Kekurangan Guru SD

Purwakarta Masih Kekurangan Guru SD

Ilustrasi.(Foto:Net)

Purwakarta - Kabupaten Purwakarta Jawa Barat masih kekurangan guru  Sekolah Dasar (SD) Negeri berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Sebagian besar tenaga pendidiknya didominasi non PNS atau yang masih bersatus Guru Tidak Tetap (GTT).

Data dari Badan Kepegawaian Daerah Purwakarta, jumlah guru PNS saat ini mencapai 6.300 orang. Sementara jumlah SD baik negeri mapun swasta mencapai 448 sekolah.

"Jika dibanding dengan jumlah SD yang mencapai 448 sekolah jumlah tersebut masih kurang. Terbukti sekolah masih mengeluhkan kekurangan guru. Terutama, guru mata pelajaran,"kata Kepala BKD Kabupaten Purwakarta M Fajar Sidik di Purwakarta, Kamis (9/4/2015).

Idealnya, kata dia, guru di Purwakarta sebanyak 6.500 orang. Namun, karena keterbatasan anggran, Purwakarta hanya didukung 6.300 guru saja.

"Tapi tidak ada persoalan meskipun kekurangan guru karena bisa terbantu dengan kehadiran guru honorer,"ujar dia.
Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta, Andrie Chaerul, tidak membantah saat ditanya persoalan kurangnya guru PNS SD di Purwakarta. Jadi satu-satunya solusi menurut dia, adalah dilakukan penambahan.

"Penambahan ideal guru PNS SD disesuaikan dengan jumlah rombongan belajarnya.  Kalau rombongan belajar ada enam, perlu delapan guru. Yakni  enam guru kelas, satu guru PAI dan guru Olahraga. Ya, memang sekarang beberapa SD gurunya masih belum PNS,"ujar Andrie.

Dia menambahkan, persoalan kekurangan guru PNS ini bukan hanya di Purwakarta. Dirinya yakin persoalan yang sama juga terjadi di kabupaten/kota lain di Indonesia. "Untuk itu persoalan ini adalah persoalan pemerintah untuk segera melakukan pengangkatan," katanya.(Ode)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,