Komisi V Berharap Jabar Jadi Pelopor UN CBT

Komisi V Berharap Jabar Jadi Pelopor UN CBT

Bandung - Komisi V DPRD Jawa Barat berharap Provinsi Jawa Barat menjadi pelopor pelaksana Ujian Nasional berbasis komputer (CBT--Computer Based Tes) di Indonesia.

"UN tahun 2015 di Jawa Barat, Insya Allah persiapan lebih mantap, tertib. Di tahun 2016 secara bertahap akan dilaksanakan di Jabar dan diharapkan Jabar menjadi pelopor pelaksana UN CBT di Indonesia," kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Yomanius Untung di Bandung, Kamis (9/4/2015).

Pihaknya mengapresiasi 57 sekolah tingkat menengah pertama hingga atas di Jawa Barat yang siap melaksanakan UN berbasis komputer/CBT.

"Hal yang patut diacungi jempol untuk 57 sekolah itu. Karena bagi kita UN Daring di Jabar ditargetkan akan dilaksanakan secara bertahap pada tahun 2016 mendatang," kata dia.

Politisi dari Fraksi Partai Golkar DPRD Jawa Barat ingin pada akhir masa jabatan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, pelaksanaan UN CBT sudah mencapai 100 persen.

"Jabar harus menjadi pelopor dan di tahun depan sudah mulai dilaksanakan bertahap. Sehingga di akhir masa jabatan Pak Aher dan Pak Deddy Mizwar sudah 100 persen untuk UN Daring ini," kata dia Selain itu, ia juga berharap pada saat pelaksanaan UN nanti pengawal dokumen atau aparat keamanan tidak bertindak berlebihan.

"Semua menjaga kondusivitas bagi pengawas, pengawal dokumen ujian tidak perlu berlebihan. Jangan ada aparat keamanan sampai menganggu konsentrasi siswa peserta UN," ujar Untung.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Jawa Barat menyatakan jumlah siswa SMA, SMK, MA dan sederajat di Provinsi Jawa Barat yang menjadi peserta Ujian Nasional (UN) 2015, tercatat sebanyak 469.764 orang.

"Jumlah peserta UN ini menyebar di 27 kabupaten/kota se-Jabar, yang terdiri dari siswa SMA sebanyak 167.828 peserta, MA sebanyak 53.357 peserta dan SMK 240.582 peserta," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Asep Hilman.

Menurut dia, total siswa peserta UN 2015 ini tersebar di 1.340 sekolah SMA, 1012 sekolah MA, dan 2.195 sekolah SMA. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,