12 Tewas, Lebih 70 Cedera dalam Kecelakaan di Tanzania

12 Tewas, Lebih 70 Cedera dalam Kecelakaan di Tanzania

12 Tewas, Lebih 70 Cedera dalam Kecelakaan di Tanzania

Dar es Salaam - Sedikitnya 12 orang tewas dan lebih dari 70 orang lagi cedera, pada Kamis (9/4) dalam dua kecelakaan lalu-lintas di wilayah Morogor dan Tanga, Tanzania.

Dalam satu kecelakaan lalu-lintas, dua bus bertabrakkan depan-dengan-depan di Mbweni-Mkata di Wilayah Tanga, menewaskan 10 orang dan melukai 35 orang lagi.

Juma Ndaki, Komandan Polisi Wilayah Tanga, mengatakan kedua bus itu bertabrakkan setelah pengemudinya berusaha menghindari satu mobil salon yang kehilangan kendali dan keluar dari jalan. 
"Di antara korban tewas terdapat mantan anggota parlemen dan putranya yang berada di mobil salon tersebut," kata Ndka, sebagaimana dikutip Xinhua.

Ia mengatakan, salah satu bus itu melaju dari Dar es Salaam menuju Arusha, sedang bus kedua dikemudikan dari Tanga ke Dar es Salaam.

Dalam kecelakaan lain, dua orang tewas dan 48 orang lagi cedera ketika bus yang mereka tumpangi keluar dari jalan dan terbalik, setelah gagal melewati kendaraan lain di dekat Taman Nasional Mukim di Wilayah Morogoro.

Pada Maret, tujuh orang meninggal di tempat dan 48 orang lagi cedera, setelah dua bus bertabrakkan di Taman Nasional Mukimi, yang terletak 283 kilometer di sebelah barat Ibu Kota Komersial Tanzania, Dar es Salaam.

Kecelakaan tersebut terjadi sembilan hari setelah 50 orang meninggal dalam kecelakaan lalu-lintas mengerikan di dataran tinggi di Tanzania Selatan, ketika bus yang mereka tumpangi bertabrakkan dengan satu truk.

Dalam pesan menyambut Tahun Baru 2015 kepada rakyat di negara Afrika Barat itu, Presiden Tanzania Jakaya Kikwete pada penghujung 2014 mengatakan, terjadi 14.048 kecelakaan yang menewaskan 3.534 orang dan melukai 16.166 orang lagi. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,