Tol Cikampek-Palimanan Diproyeksikan Lebaran Ini

Tol Cikampek-Palimanan Diproyeksikan Lebaran Ini

Ilustrasi pembangunan Jalan Tol.(Net)

Purwakarta -Tol Cikampek - Palimanan (Cipali) yang menghubungkan Karawang, Purwakarta, Subang, Majalengka dan Cirebon sepanjang 116.75 km, sudah bisa digunakan saat arus mudik lebaran tahun ini.

"Targetnya bisa digunakan pas arus mudik nanti. Penyelesaian sekarang ini dengan tujuan agar keruwetan jalan di Simpang Cikopo - Jomin bisa berkurang," kata Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Edwin Winarto saat ditemui di sela peresmian Pos Polisi Cikopo, Jumat (10/4/2015).

Tol Cipali sendiri nanti akan dioperatori oleh PT Lintas Marga Sedaya, perusahaan patungan antara Indonesia dan Malaysia.

Saat ini, kata dia, masih ada penyelesaian di tol yang dibangun sejak 2011 itu. Meski begitu, secara umum tol sudah selesai.

"Penyelesaian sudah 93 persen. Sisanya tinggal penyelesaian jembatan, seperti jembatan kereta api Ciherang, Texmaco dan jembatan paling besar yakni jembatan Sungai Cilamaya dan Texmaco. Sepanjang tol Cipali ini ada 32 jembatan," katanya.

Untuk penerangan, Edwin menjelaskan itu akan terpasang di tujuh titik simpang susun. Yakni Cikopo, Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Sumber Jaya dan Palimanan. Termasuk di rest area yang totalnya berjumlah delapan rest area.

Empat rest area besar dan empat rest area kecil. Di rest area tersebut sudah tersedia SPBU.

"Di luar itu tidak ada penerangan karena sesuai dengan design dari Kementerian Pekerjaan Umum bahwa di luar titik itu memang tidak perlu ada penerangan," ujarnya.(Ode)**

.

Categories:Daerah,