Anggaran Infrastruktur Jalan di Jabar Dipangkas Rp 1,5 Triliun

Anggaran Infrastruktur Jalan di Jabar Dipangkas Rp 1,5 Triliun

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Komisi IV DPRD Jawa Barat akan memanggil Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, Bappeda dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) terkait rencana pemangkasan anggaran infrastruktur jalan di Jawa Barat pada 2015 dan 2016 yang mencapai Rp 1,5 triliun.

"Dalam waktu dekat ini, mungkin hari Selasa kami akan memanggil sejumlah OPD seperti Bina Marga, Bappeda, PSDA dan Dishub Jabar. Pembangunan daerah itu kan harus ditunjang dengan dana yang memadai," kata Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat Ali Hasan, di Bandung, Sabtu (11/4/2015).

Menurut dia, ajuan jumlah anggaran infrastruktur pada tahun 2015 ini mencapai Rp2,4 namun karena alasan fokus terhadap bidang kesehatan dan pendidikan maka anggarannya dipangkas menjadi Rp1,5 triliun.

"Dan kami selaku mitra eksekutif, tentunya sangat menyayangkan pemangkasan anggaran infrastruktur tahun ini," kata Ali.

Pihaknya berharap Bappeda Jawa Barat tidak asal memangkas atau mencoret anggaran seperti anggaran infrastruktur karena hal tersebut bisa menghambat pembangunan daerah.

"Jadi tolong lah diutamakan yang penting dulu, persoalan infrastruktur kan penting apalagi sebentar lagi mendekati Lebaran. Jadi mohon dipikirkan dengan baik-baik," katanya.

Ia menuturkan, nggaran infrastruktur dan perbaikan jalan memang harus dioptimalkan karena saat ini masih banyak jalan provinsi yang masih rusak dan masih perlu diperbaiki "Dan memang di perbatasan kota masih banyak jalan yang rusak. Tetapi itu harus dilihat dulu apakah itu jalan provinsi, jalan kabupaten kota atau jalan nasional," katanya.

Sebelumnya, Dinas Bina Marga Jawa Barat menyatakan anggaran infrastruktur jalan di Jawa Barat pada 2015 dan 2016 dipangkas hingga 1,5 triliun karena pembangunan di Jawa Barat saat ini berfokus pada kesehatan dan pendidikan "Dan nilai tersebut belum termasuk perencanaan dan gaji. Kalau dalam proyeksi sih ajuan idealnya Rp2,4 trilun tapi dipangkas menjadi Rp900 miliar," kata Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M Guntor, beberapa waktu lalu.

Dikatakan dia, meskipun ada pemangkasan anggaran namun perbaikan jalan akan tetap menjadi prioritas utama pihaknya karena sejumlah ruas jalan milik provinsi Jabar rusak akibat cuaca dan bencana alam. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,