Kemenkop UMKM Gandeng Inkowapi Luncurkan Sahara

Kemenkop UMKM Gandeng Inkowapi Luncurkan Sahara

Ketua Inkowapi, Sharmila didampingi staf deputi SDM Kementerian koperasi dan UMKM. (Foto : ADE/CikalNews)

Bogor – Untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian rakyat Indonesia Kementerian Koperasi dan UMKM RI menggandeng Inkowapi (Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia) meluncurkan program Sahara (Sahabat Usaha Rakyat), program ini berisi ajakan kepada masyarakat untuk membuka warung atau bisnis retail sembako yang permutaran uangnya bisa berjalan tiap hari. Target program Sahara ini lebih ditekankan kepada para kaum ibu rumah tangga yang berkeinginan menambah penghasilan keluarga.

Menurut Ketua Inkowapi, Sharmila, program Sahara ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan kaum ibu dan perempuan. Setiap ibu-ibu bisa menjadi wirausaha di program ini dengan membuat warung berlabel Sahara, program ini langsung di bina Kementerian Koperasi dan UMKM RI.

“Program ini ditargetkan ke perempuan karena perempuan di nilai sebagai penggerak roda ekonomi yang efektif. Contoh saja China, negara ini ekonominya bisa maju karena roda pemerintahan dan ekonomi kebanyakan di gerakan oleh perempuan. Kepala BUMN di China itu justru kebanyakan perempuan,” ucap Sharmila di peluncuran program Sahara di acara Pelatihan Kewirausahaan Bagi Wirausaha Baru di Hotel Grand USSU, Cisarua, Kabupaten Bogor, Sabtu (11/4/2015).

Masih kata Sharmila pada tahun ini Inkowapi dan Kementerian Koperasi dan UMKM lebih menekankan program Sahara untuk para kaum perempuan dan petani.

“Di program ini juga petani jangan hanya bisa menanam saja, namun harus bisa mengolah hasil panen menjadi produk yang mempunyai nilai jual tinggi. Kalau hanya habis panen di jual ke tengkulak, itu pasti harga jualnya rendah, kalau sudah bisa diolah sendiri, harga jual komoditinya pasti naik,” katanya.

Sedangkan penilaian Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Teguh Budiana, berbagai komoditas pertanian bisa di jual di Warung Sahara.

“Mulai dari beras, gula, minyak goreng, dan rempah-rempah bisa di jual disini, rempah-rempah atau bumbu masak harus menjadi produk unggulan Sahara karena Indonesia terkenal dengan penghasil rempah-rempah. Produk rempah-rempah pun bisa di ulah bukan untuk bumbu saja, tetapi membuat obat, atau minuman,” nilai Teguh.

Untuk memperkuat Program Warung Sahara yang diluncurkan, Kemenkop dan UMKM RI bareng Inkowapi menggandeng Bulog sebagai supplier Warung Sahara. Dengan adanya program ini diharapkan peningkatan ekonomi masyarakat di Indonesia bisa terus berkembang.

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,