3.287 Jiwa Mengungsi, Sinabung Gempa 142 Kali

3.287 Jiwa Mengungsi, Sinabung Gempa 142 Kali

Gunung Sinabung Gempa 142 Kali

Karo - Minggu 12 Oktober 2014, aktivitas Gunung Sinabung di Sumatera Utara masih tetap tinggi. Belum dapat diperkirakan kapan gunung yang sempat tidur lama tersebut kembali normal dan tidak terjadi erupsi lagi.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho sepanjang hari Minggu telah  terjadi 142 kali gempa guguran. Awan panas dengan jarak luncur 1.500-2.500 meter terjadi hampir dua jam sekali.

Sementara abu vulkanik hasil erupsi Gunung Sinabung diketahui telah mencapai sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Utara. Antara lain Kabupaten Deli Serdang, Sergei, Tebing Tinggi, Langkat dan kini Kota Medan."Status Gunung Sinabung masih Siaga Level III," katanya.

Pada bencana tersebut, BNPB mencatat 3.287 jiwa dari 1.019 kepala keluarga mengungsi. Mereka tersebar di 16 titik pengungsian. Evakuasi dan larangan terhadap zona merah masih terus dilakukan.

Hari ini setidaknya ada dua warga yang berada di zona merah berhasil dievakuasi. Mereka berada di Desa Gurukinayan. "Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap mensterilkan desa pada kawasan zona merah," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,