Pemkab Cianjur Belum Siap Gelar UN Berbasis Komputer

Pemkab Cianjur Belum Siap Gelar UN Berbasis Komputer

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cianjur - Pemkab Cianjur, Jabar, belum bisa menggelar Ujian Nasional berbasis komputer (Computer Base Test/CBT) karena minimnya sarana dan prasarana penunjang seperti perangkat komputer dan sistem jaringan internet di sejumlah sekolah.

Wakil Bupati Cianjur, Suranto, di Cianjur, Minggu (12/4/2015), menjelaskan, Pemkab Cianjur melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur, belum bisa melaksanakan UN berbasis komputer karena beberapa faktor tersebut.

"Tidak semua sekolah memiliki fasilitas komputer dan jaringan internet. Terutama sekolah-sekolah yang berada di daerah," katanya.

Bahkan, tutur Suranto, beberapa sekolah seperti di wilayah Cianjur selatan listrik kerap padam secara mendadak, terlebih ketika musim hujan seperti saat ini. Hal tersebut, tutur dia, menyebabkan Kabupaten Cianjur belum siap melaksanakan UN berbasis komputer seperti yang diharapkan Kementerian Pendidikan Nasional.

"Kita harus menyiapkan sarana dan fasilitas dengan baik agar dapat melaksanakan UN berbasis komputer dan sekolah-sekolah yang akan melaksanakan harus sudah dilengkapi jaringan internet dan perangkat komputer serta pasokan listrik yang baik," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Disdik Cianjur, Jumati, menjelaskan, ada tiga sekolah di Cianjur yang memenuhi persyaratan pelaksanaan UN berbasis komputer dan siap melaksanakan program tersebut.

Dia menyebutkan, berbeda dengan tahun sebelumnya UN yang dilakukan dengan sistem ujian tulis, untuk tahun 2015, selain ujian tulis atau Paper Based Test (PBT) dilakukan Computer Based Testing (CBT) ujian yang dilakukan dengan menggunakan komputer.

"Dari ratusan sekolah yang melaksanakan UN. Hanya tiga sekolah yang telah dinilai siap untuk melaksanakan UN CBT, yaitu SMA Negeri 1 Cianjur, SMK Bela Nusantara dan SMA Al Itihad," katanya.

Dia menuturkan, ketiga sekolah tersebut, memenuhi persyaratan nasional untuk pelaksanaan UN berbasis komputer yakni memenuhi standar kualifikasi dan spesifikasi atau memiliki peralatan dan aplikasi yang sesuai serta tersedianya sepertiga dari peserta ujian dari masing-masing sekolah.

"Untuk UN SMA akan dilaksanakan pada 13 sampai 15 April 2015, sedangkan UN SMP akan dilaksanakan pada 4 sampai 6 Mei 2015. Sementara untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik saat pelaksanaan UN CBT sejumlah sekolah telah menyiapkan mesin genset," katanya. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,