Pelaksanaan UN CBT di Jakarta Berlangsung Lancar

Pelaksanaan UN CBT di Jakarta Berlangsung Lancar

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budiman mengatakan pendistribusian soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di DKI Jakarta pada hari pertama lancar.

"Hingga sampai saat ini belum ada laporan terkait kendala. Kalau dari aspek distribusi dan keamanan sih berjalan lancar, tapi nanti saya akan tinjau lagi," kata Kadisdik Arie Budiman usai mendampingi Gubernur meninjau SMA Santa Ursula, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2015).

Arie menambahkan, dari laporan yang diterimanya, sekolah-sekolah di DKI Jakarta sudah siap melaksanakan UN, baik pelaksanaan Ujian Nasional berbasis komputer (CBT) maupun yang manual. Untuk CBT, Arie mengatakan tidak ada laporan mati lampu.

Demi kelancaran pelaksanaan UN CBT, pihaknya telah berkoordinasi dengan PLN untuk memastikan aliran listrik lancar.

"Kami sudah mengirim surat pada PLN, jadi bukan hanya sekolah-sekolah yang mengikuti ujian online tapi juga seluruh sekolah, kami minta bantuan PLN menjaga agar listrik tetap hidup," katanya.

Ditargetkan, ke depan, pelaksaan UN CBT di Jakarta bisa lebih dari tiga sekolah.

"Kita ketahui CBT ini rintisan yang secara bertahap akan terus kita lakasanakan, bayangkan misalnya di pulau terpencil pengiriman naskah kan betul-betul memakan waktu biaya dan sebagainya, maka pada saatnya nanti, dengan CBT akan lebih efisien. Tahun depan kita targetkan seoptimal mungkin untuk CBT, jumlahnya akan kita tentukan setelah ada hasil evaluasi pelaksanaan tahun ini," kata Arie.


Berdasarkan data Dinas Pendidikan DKI, 121.457 siswa dari 1.159 sekolah di ibukota akan menggelar UN SMA dan sederajat tahun ini. 30 sekolah dinyatakan siap melaksanakan ujian nasional CBT.

30 sekolah itu meliputi 26 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan satu Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sekolah yang akan melaksanakan UN berbasis komputer antara lain SMKN 1, SMKN 3, SMKN 14, SMKN 19, SMKN 35, SMKN 45, SMKN 4, SMKN 12, SMKN 49, SMKN 56, SMKN 6, SMKN 8, SMKN 18, SMKN 28, SMKN 41, SMKN 43, SMKN 57, SMKN 5, SMKN 10, SMKN 22, dan SMKN 26.

Selain itu ada SMKN 46, SMKN 48, SMKN 50, SMKN 51, SMKN 39, SMAN 30, SMAN 70, SMAN 78, dan SMP Penabur 2.(Ode)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,