UN di Beberapa SMA Semarang Lancar

UN di Beberapa SMA Semarang Lancar

Ilustrasi.(Foto:Net)

Semarang  - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2015 berbasis komputer atau CBT (computer based test) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Texmaco Semarang berlangsung lancar.

"Alhamdulillah, semuanya (UN CBT, red.) berjalan lancar. Tidak ada kendala berarti mulai dari pelaksanaan UN sesi I tadi," kata Kepala SMK Texmaco Semarang Nur Alimah di Semarang, Jawa Tengah, Senin (13/4/2015).

Nur Alimah mengatakan itu disela peninjauan UN oleh jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono bersama pejabat Dinas Pendidikan provinsi setempat.

Menurut Nur, pihaknya sudah menyiapkan "genset" berkapasitas 22 ribu kilowatt untuk mengantisipasi listrik padam saat ujian berlangsung, mengingat UN CBT langsung dikerjakan di komputer.

"Kami gunakan 150 unit komputer untuk UN CBT ini dengan memakai sebanyak lima ruangan. Semua perangkat yang dibutuhkan milik sekolah ini, tidak ada yang meminjam atau menyewa," katanya.

Ia menyebutkan bahwa jumlah peserta didik SMK Texmaco yang mengikuti UN tahun ini ada 388 siswa sehingga sesuai yang dipersyaratkan setidaknya ada 130 perangkat komputer yang tersedia.

"Ya, persyaratannya kan sekolah memiliki perangkat komputer dengan jumlah sepertiga dari jumlah siswa yang ikut UN. Jumlah perangkat komputer yang kami miliki ada 150 unit," katanya.

Nur menjelaskan, pelaksanaan UN CBT diawali dengan penerimaan naskah soal UN dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang kemudian disinkronisasikan.

Sinkronisasi naskah soal UN dilakukan sebelum pelaksanaan, kata dia, kemudian disimpan pada server sekolah, namun soal itu tidak bisa dibuka oleh sekolah, melainkan oleh siswa yang bersangkutan.

"Untuk membuka soal itu, butuh usernamepassword, dan token dari siswa yang bersangkutan. Token ini didapatkan siswa sesaat sebelum UN dimulai. Jadi, dijamin kerahasiaannya," katanya.

Pelaksanaan UN CBT, kata dia, terbagi dalam tiga sesi, yakni sesi pertama dimulai pukul 07.30-09.30 WIB, sesi kedua dimulai pukul 10.30-12.30 WIB, dan sesi tiga pukul 14.00-16.00 WIB.

Sementara itu, Sekda Jateng Sri Puryono mengungkapkan dari pantauan dilakukan di tiga sekolah, yakni SMA Negeri 6, SMA Negeri 8, dan SMK Texmaco Semarang, pelaksanaan UN berjalan lancar.

"Dari sekolah yang kami pantau tadi, semua siswa hadir tidak ada yang absen. Sementara untuk pelaksanaan UN CBT di SMK Texmaco juga berjalan lancar, genset, semuanya sudah siap," pungkasnya.(Ode)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,